Beranda > tips tips > Tips Memperbaiki Flashdisk atau SD card Rusak

Tips Memperbaiki Flashdisk atau SD card Rusak

Memperbaiki devices yang rusak seperti flashdisk, SD card, hardisk, dsb yang rusak seperti yang saya alami kemarin mungkin bisa membuat kita pusing dan frustasi. Bagaimana tidak, devices  SD card saya bisa terbaca di My Computer, namun setelah di klik terdapat tulisan “The Devices is not formatted, Do you want to format now?” Kira kira tulisannya seperti itu, ketika saya klik Yes, Format nya gagal, alias balik lagi ke awal. Bingung dicolok ke komputer mana mana gak bisa, pake solusi dengan berbagai software untuk memperbaiki flashdisk rusak juga gak bisa akhirnya saya menemukan blog yang isinya sangat sederhana, namun ampuh untuk memperbaiki masalah yang saya alami. Berikut ini Tips nya :
Colokkan Device anda (Flashdisk,Hardisk, SD card) ke komputer
– Setelah berhasil terdeteksi (masuk) di My Computer biarkan

– Pilih aplikasi run (Tekan tombol windows+R)

– ketikkan compmgmt.msc

– Pilih Disk Management

– Setelah itu terdapat beberapa pilihan device yang berhasil terdeteksi oleh komputer.

– Teliti dan pilih secara hati hati device / disk yang akan anda perbaiki.

– Setelah dipilih, klik kanan trus pilih format.

– Taraaaa.. Device anda sudah bisa dipakai kembali

Berikut ini ada alternatif jika cara yang saya tuliskan ini tidak mampu mengatasi masalah anda, yaitu menggunakan software / tools yang bisa membantu anda mengembalikan devices anda seperti semual (relative) :
– Menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool, Klik disini

– Menggunakan EASUS partition tool, Klik disini

– Dan salah satu rekomendasi tools yang direkomendasikan dari sahabat saya  darul, karena dia juga pernah memperbaiki flashdisk yang rusak bersama saya menggunakan tools Repair_V2.9.1.1

Catatan : – Bisa tidaknya device anda diperbaiki tergantung dari tingkat kerusakan dan muncul tidaknya saat terdeteksi oleh My Computer

– Biasanya data lama akan hilang setelah di format, jadi sebelum format anda harus berpikir dua kali untuk rela kehilangannya.

Tinggal pilih Device normal dan bisa dipakai kembali atau data lama yang penting tapi device tidak bisa dgunakan. 😀

Selamat mencoba, DO WITH YOUR OWN RISK!!!

 

 

UPDATE!!

Original Posted from pepen90 : Kalo masalah data mau diback up bisa pakai tools namanya recovery my files, bisa dicari di mbah google.. :D asal flash disknya masih kebaca dikomputer ga ada masalah. bisa diback up semua, tapi yang perlu diingat bahawa virus dari usb tersebut juga ikut diback up jadi hati2 dengan komputer yang digunakan untuk memback up karena bisa jadi ikut terinveksi. tetapi kalau antivirusnya sudah terupdate dan bagus tidak akan menjadi masalah. :)

Kategori:tips tips
  1. Desember 20, 2011 pukul 11:16 am

    kalau HD di windows minta di format terus itu gimana mas
    padahal di linux baik2 saja 😀

    • pyok
      Desember 20, 2011 pukul 10:02 pm

      Terkadang itu pengaruh terhadap format awal yang digunakan pada hardisk anda. Pada suatu kondisi tertentu, format yang dianggap berbeda dengan OS windows kadang membuat hardisk tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sedangkan pada linux, seperti yang kita tahu OS ini open source sehingga tidak membatasi untuk membaca sebuah device. Mungkin itu mas yang bisa saya jawab, untuk kerusakan yang lain seperti data hardisk yang tidak terbaca itu tergantung dari pemakaian dan tingkat kerusakannya. 😀

      • Desember 21, 2011 pukul 7:47 am

        nice…
        terima kasih mas bro atas penjelasannya 🙂

  2. tamaramat
    Desember 22, 2011 pukul 10:33 pm

    jadi bila tidak terdeteksi di my computer tidak bia diperbaiki mas?

    • pyok
      Desember 23, 2011 pukul 8:54 am

      kemungkinan bisa diperbaiki nya kecil mas tamarat. Soalnya untuk menggunakan tips yang saya berikan ini, syarat utamanya adalah device yang terdeteksi oleh My Computer.

  3. Desember 27, 2011 pukul 9:38 pm

    Saat semua orang menganggap flashdisknya rusak terus kita pakai da benerin jadi baru lagi..eh bisa jadi asyik cuy…. 🙂

    dua kemungkinan terima kasih dan dapat flashdisk 🙂 hehehe
    btw terimakasih backlinknya 🙂

    • pyok
      Desember 29, 2011 pukul 7:46 am

      Hahaha bener juga dul apa katamu, terima kasih dan dapat flashdisk gratis. Btw kemarin malem aku juga habis benerin flashdisk temenku yang rusak, work di ubuntu. Nanti aku update caranya. Oke dul sama sama.

  4. Alan Go
    April 4, 2012 pukul 12:20 pm

    wah…manjur banget gan..!!!
    micro sd ane udah ok lagi nihh,,, thq

    • pyok
      April 9, 2012 pukul 9:57 am

      sama sama gan… senang bisa sharing

  5. ffariz
    Mei 11, 2012 pukul 8:39 am

    kk saya pake cara yg ini Colokkan Device anda (Flashdisk,Hardisk, SD card) ke komputer
    – Setelah berhasil terdeteksi (masuk) di My Computer biarkan

    – Pilih aplikasi run (Tekan tombol windows+R)

    – ketikkan compmgmt.msc

    – Pilih Disk Management

    – Setelah itu terdapat beberapa pilihan device yang berhasil terdeteksi oleh komputer.

    – Teliti dan pilih secara hati hati device / disk yang akan anda perbaiki.

    – Setelah dipilih, klik kanan trus pilih format

    pas format dah 100% keluar tulisan (the format did not complete successfully)

    itu kenapa ya?

    • pyok
      Mei 15, 2012 pukul 6:29 am

      Silahkan dicoba lagi dari awal, biasanya flashdisk yang kamu format belum selesai dengan benar saat format. Bisa jadi juga dari faktor usia, memang flashdisk memiliki batas umur tertentu saat digunakan, sebagai tanda awalnya adalah ketika kita copy / paste write nya sangat lama.

      • Ence Jundillah
        Februari 15, 2016 pukul 2:07 am

        Tpi flash disk saya umurnya belum sampe 2 bulan udh begini..

      • Desember 19, 2016 pukul 4:13 pm

        cek keasliannya bos 😀

  6. Ruswandi
    Mei 31, 2012 pukul 3:11 pm

    Gan..
    Ane dah coba pake cara ente, tapi ane dapat masalah neh..
    SD card ane terdetek di drive F di comp ane. Tapi pas masuk ke disk management, tak ada drive F yang terdetek. Yang ada Drive tanpa abjad tapi bertuliskan “System Reserved”
    Pas ane coba format drive entu, muncul notifikasi: “Windows Can not format this partition”

    Mohon bantuannya ya Gan….

    • pyok
      Juni 4, 2012 pukul 10:13 am

      Begini gan, windows itu terkadang hanya bisa membaca beberapa format disknya, contohnya FAT FAT32 dan NTFS. Jadi kemungkinan SDcard ente itu terdeteksi tapi tidak terbaca format partisinya oleh windows, solusinya mungkin bisa memakai OS Ubuntu / linux, setelah itu coba format menggunakan disk management nya UBUNTU, kemarin saya mencoba punya teman saya dan berhasil. Semoga membantu 🙂

  7. Juni 15, 2012 pukul 10:28 am

    bang kalo sd cardya gak ke deteck gimana bang?cz data2ya data kantor tuh 😥

  8. Juni 25, 2012 pukul 3:33 pm

    kalo masalah data mau diback up bisa pakai tools namanya recovery my files, bisa dicari di mbah google.. 😀 asal flash disknya masih kebaca dikomputer ga ada masalah. bisa diback up semua, tapi yang perlu diingat bahawa virus dari usb tersebut juga ikut diback up jadi hati2 dengan komputer yang digunakan untuk memback up karena bisa jadi ikut terinveksi. tetapi kalau antivirusnya sudah terupdate dan bagus tidak akan menjadi masalah. 🙂

    • pyok
      Juni 26, 2012 pukul 12:21 pm

      nice share bro, tak masukin update ya 🙂

  9. Juli 16, 2012 pukul 1:25 pm

    terima kasih tas infonya,.., sd card saya dah bsa kepake lagi, heheheh,.,., makasih banyak gan.,.,.,

  10. wahyu
    Agustus 9, 2012 pukul 9:15 pm

    gan klo memory ke write-protected tu gmna y??

  11. Sunny
    November 4, 2012 pukul 12:01 pm

    Gan mau nanya kalo file” di sd card handphone gx bisa di hapus, gx bisa pindahin file, kalo download file yg d download d keterangannya udah di terima tapi pas di cek di folder tmpt pnyimpanan malah gx ad, terus pas nerima bluetoothan juga d keterangannya file di terima tapi pas di cek gx ad tapi di keterangan sisa memory dia udah make memory sbnyk 5mb , udah scan virus juga tapi masih aja tetep gx bisa di apa”in sd cardnya, tapi pas bluetoothin k hp lain dia masih bisa,, Tolongin yah gan cariin solusinya?!?!?!?

  12. November 23, 2012 pukul 3:53 pm

    gan sya punya sd card 8gb
    awalnya saya pingin buat hp saya jadi dualboot winmo ama andro
    saya partition
    partition 1 fat32 partition 2 ext3
    tapi di hp saya yg fat32 ko nda detek y nda detek
    tapi di pc detek, saya coba hapus partition aku jadiin ke default
    tapi tetep aja nda detek

    • pyok
      Desember 1, 2012 pukul 12:40 pm

      ente partisinya pake apa gan? coba dicek dulu, bisa jadi pada waktu apply partition yang ente apply cuma pada ext3 saja sehingga fat32 nya tidak terdeteksi. coba dipartisi ulang saja gan.

      • Desember 3, 2012 pukul 6:50 pm

        oh thx gan infonya
        ternyata saya salah partisi NTFS harusnya fat32 pantes di hp saya nda detek

  13. junaido
    Februari 16, 2013 pukul 12:13 am

    alhamdulilah bisa maksih yah gan 🙂
    sukses sll blognya

    • pyok
      Februari 16, 2013 pukul 11:00 am

      Terima kasih sudah mengunjungi blog saya, jangan lupa follow twitter saya @pyok89

  14. vida
    Februari 18, 2013 pukul 2:01 am

    utk sd card kok gak bisa yah?

    • pyok
      Februari 21, 2013 pukul 7:34 am

      masa gak bisa bang? coba di cek dulu di laptop lain. maybe laptopnya juga berpengaruh.

  15. Maret 22, 2013 pukul 4:35 pm

    mas kalo sd card nya g bisa kebaca di mana-mana gimna, saya udah coba di hp china sampai bukan china g bisa, di komputer mulai dari windows xp sampai widows 7 juga g terdeteksi sd cardnya.

    TOLONG BANTUANYA Y MAS

    • pyok
      Maret 23, 2013 pukul 8:41 pm

      bentar itu merknya apa dulu? trus gejala awal gakbisa awalnya bagaimana? bisa jadi itu memang sdcardnya sudah rusak, jadi gak terdeteksi. tulisan saya kan yang masih bisa dibaca sama komputer mas jadinya masih bisa diakali.

      • Maret 24, 2013 pukul 9:04 am

        mas itu merknya VGEN, nah pas awalnya saya baru nyalain handphone saya, ketika saya mau ngirim FILE ke temen saya tiba-tiba ada tulisan,. Please insert sdcard, nah pas dari situ saya coba di komputer dan hp lainya, tapi tetep g bisa

      • pyok
        Maret 24, 2013 pukul 3:05 pm

        ada 2 kemungkinan mas, pertama bisa jadi kena virus. Yang kedua itu mungkin memang sudah rusak. Kalau sdcard saya sarankan pakai merk Sandisk atau Transcend yang class 10 karena kecepatan write/read filenya lebih baik daripada Vgen yang baru class 2 (rata2).

  16. vitus
    April 7, 2013 pukul 5:15 pm

    mau tanya nih micro sd saya kok nggak bisa dibaca dihp/diPC,padahal udah aku gunakan berbagai cara yg ente kasi om,terakir saya download softwer,tp teta[ nggak bisa om mohon solusinya dong om?padahal drive micro sd sudah kebaca bisa diRENAME,tolong dong om

    • pyok
      April 18, 2013 pukul 7:25 am

      Lho bisa rename berarti detect di PC donk gan? langkah terakhir biasanya colokin di OS linux gan. biasanya bisa.

  17. hendra
    Mei 10, 2013 pukul 2:21 am

    Mas, aq punya kasus ni dgn sdcard sandisk class 10. Setelah saya partisi dgn os windows, ketika dimasukin di android gak bisa write mas, “can’t write and error ….. ” muncul nya. Kira2 apa ya permasalahannya mas. Tapi kalau di PC ga ada masalah bisa copi paste. Sedangkan diandroid tdk bisa. Mohon bantuannya mas

    • pyok
      Juni 14, 2013 pukul 2:21 pm

      coba diformat ulang secara penuh, lalu coba tips di blog saya, selamat mencoba

    • Fauzi
      Juni 22, 2013 pukul 10:42 pm

      nah sama kek gua nih!

  18. Fauzi
    Juni 22, 2013 pukul 10:41 pm

    SDcard gua readonly sistem gatau kenapa.. gua ikutin cara di atas udah berhasil sih.. tapi pas di masukin ke hp masa datanya ada lagi? dan masih readonly sistem?

    • pyok
      Juni 26, 2013 pukul 8:57 am

      kalo udah dimasukkan hp biasanya sdcardnya otomatis keformat hp gan, jadi dia buat folder sendiri antara lain music picture document dsb, gak mungkin udah di format di komputer tapi pas di hp ada lagi datanya.

  19. September 6, 2014 pukul 1:59 am

    gan, masalah sd card saya ni file systemnya fat 32, primary healthy. colokin kemana aja tetap kebaca. tapi koq ndak bisa di isi atau di kurangi? udah pake cara format normal, pake check tool property, pake disk management, juga pake cmd, plus pake software formatted. ndak ada satu pun yg sukses. please gan, bantuannya…

  20. Oktober 4, 2014 pukul 7:23 am

    Hello there I am so delighted I found your blog, I really found you by accident, while I was looking on Bing for
    something else, Regardless I am here now and would just like to
    say cheers for a marvelous post and a all round exciting blog (I also
    love the theme/design), I don’t have time to go through it all at
    the minute but I have saved it and also added in your RSS feeds,
    so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the superb b.

  21. elvaeq
    Februari 18, 2015 pukul 4:31 pm

    pakai cara di atas masih aja the format did not cmplete successfully.
    file system-nya RAW,
    gemana neh mas..???

    • pyok
      Februari 22, 2015 pukul 8:23 am

      format RAW sepertinya terjadi karena system tidak bisa membaca sempurna karena sering di eject tanpa safely remove

  22. iyha
    Juni 17, 2015 pukul 8:48 am

    kalo pas diformat terus keluar..

    windows can’t format.
    check to see that the disk and drive are connected prolperly, make sure that the disk is not read-only and then try again.

    solusinya gimana ya? mohon bantuannya…

    • pyok
      Juli 17, 2015 pukul 4:43 pm

      klo itu berupa sdcard yg ada di dalam adapter. coba geser dari lock ke unlock di adapter mmc anda

  23. Juli 9, 2015 pukul 6:25 am

    kok masih tidak bisa ya kak ? hardisk sy masih tidak bisa diformat

    • pyok
      Juli 17, 2015 pukul 4:40 pm

      berarti memang sudah bad sector parah gan. maaf.

  24. Desember 22, 2015 pukul 11:22 am
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar