Beranda > Jalan - Jalan > Air Terjun Krondonan Kec. Gondang – Potensi wisata Bojonegoro yang harus dikembangkan

Air Terjun Krondonan Kec. Gondang – Potensi wisata Bojonegoro yang harus dikembangkan

Bicara masalah wisata Bojonegoro, sebenarnya banyak sekali wisata di Bojonegoro yang belum banyak diketahui. 3 wisata besar yang umumnya diketahui warga Bojonegoro secara umum yaitu Pemandian Tirtawana Dander, Wisata Khayangan Api, dan Waduk Pacal Bojonegoro. Ketiga wisata ini sudah banyak yang mengetahuinya, namun animo masyarakat sudah mulai meredup karena banyak lokasi wisata di Kabupaten lain yang lebih dikenal oleh warga Bojonegoro. Baru baru ini Kang Yoto, bapak bupati Bojonegoro telah giat mengembangkan sektor wisata, antara lain Bendungan Gerak yang berada di Kec. Kalitidu dan Trucuk, dan tentu saja wisata kebun blimbing yang jadi andalan dan maskot Bojonegoro di Desa Ngringinrejo Kec. Kalitidu.

Namun ketika membaca judul postingan saya ini apakah banyak warga Bojonegoro yang tahu? Saya yakin banyak yang merasa asing ketika membaca atau mendengar “Air Terjun Krondonan”. Ya!! BOJONEGORO punya air terjun. Heran kan? Dimanaa?

Air Terjun Krondonan terletak di daerah Kec. Gondang Bojonegoro. Sebenarnya belum ada namanya, hanya saja tempatnya masih berada di desa krondonan, oleh sebab itu banyak yang menyebutnya “Air Terjun Krondonan” yang masih termasuk Kec. Gondang Bojonegoro. Akses untuk menuju kesana memang lumayan jauh karena melewati hutan hutan jati dan jalan setapak. Namun semua perjalanan itu akan terbayar dengan kepuasan keindahan alamnya yang mempesona.

image

image

Untuk tempatnya, dari arah kota Bojonegoro bertolak ke selatan sekitar 37km. Setelah sampai di Kec. Gondang masih diteruskan dengan menaiki pegunungan yang lumayan tinggi. Tidak ada plang atau papan petunjuk, jadi ketika kesana saya bersama teman-teman banyak bertanya kepada warga sekitar. Tapi untuk lebih memudahkan pembaca yang ingin kesana berikut ini tips petunjuk dari saya.

– Dari kota kearah selatan menuju kecamatan Gondang

– Setelah sampai di pertigaan arah nganjuk (belok kiri) segera ambil jalur lurus mengikuti jalan aspal.

– setelah menaiki pegunungan dan hutan, akan ada 2 jalan bercabang, ke kiri menuju Kec. Sekar, kita ambil jalur jalan yang kanan.

– Lurus terus mengikuti jalan setapak hingga menemukan sekolah SMP 2 Krondonan di kiri jalan.

– tempatnya tepat dibelakang SMP 2 Krondonan, namun tidak bisa diakses menggunakan kendaraan, harus berjalan sekitar 1,5 km dari titik.

– Minta petunjuk warga sekitar untuk memberitahukan arah Air Terjun

** Sedikit tips untuk yang ingin kesana, sebaiknya menyiapkan kondisi fisik yang prima, serta alas kaki gunung (saran) untuk.memperlancar menuju dan akses kesana. Karena jalan yang licin dan melewati sungai sungai kecil menjadi tantangan bagi pengunjung disana.

Hamparan pegunungan yang tinggi menjulang cukup membunuh rasa lelah, udara yang sejuk, dan sawah yang hijau, serta gemercik air sungguh sangat menggoda untuk diabadikan.
image

image

image

image

image

Jadi, gak perlu jauh jauh ke Malang kan kalau di Bojonegoro juga punya potensi wisata air terjun yang sangat indah?

**HARAPAN**

Harapan saya cukup sederhana saja, adanya perhatian dari pemerintah untuk mengembangkannya, kemudian warga Bojonegoro ikut mendukung dan melestarikan wisata sehingga bisa mengangkat kehidupan warga lokal disana. Semoga saja amiin..

Itu dia laporan Wisata edisi kali ini, nantikan laporan wisata yang lain.

Jangan lupa follow account saya :

Twitter       : @pyok89
Whatsapp : 08973123656
http://pyok.my.id

  1. akrobun
    Februari 20, 2014 pukul 11:23 am

    Sudah ada namanya….Kedung gupit

    • pyok
      Februari 20, 2014 pukul 2:49 pm

      Ohiya mas, maaf kurang informasi dari masyarakat sekitar. Terima kasih nanti saya edit. Sekali lagi terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Dan terima kasih atas informasi dan masukannya. salam kenal @pyok89🙂

  2. Sarwie Sombro
    Februari 26, 2014 pukul 12:38 am

    Gan…… mo nanya nihh, kalo musim kemarau apakah air terjun dung gupit masih ada airnya. Habis kalo musim hujan mo kesana kagak siap dgn medan maupun cuaca. Thank’s……….!!!!

    • pyok
      Maret 1, 2014 pukul 9:20 am

      kalau masalah kemarau, saya gatau juga gan. sepertinya tidak habis airnya. monggo saja dicoba.

  3. zaparuak
    Januari 9, 2015 pukul 8:13 am

    Masih ada satu lagi wisata di krondonan yaitu pancuran air hangat krondonan,,

    • pyok
      Januari 9, 2015 pukul 8:16 am

      dimana mas? bisa disebutkan? nanti biar saya post lagi di blog saya. whatsapp saya 08973123656

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: