Beranda > Jalan - Jalan, tips tips > Tips Touring Ke Bromo menggunakan motor.

Tips Touring Ke Bromo menggunakan motor.

Beberapa waktu lalu, saya touring ke gunung bromo menggunakan motor. Banyak persiapan yang harus dilakukan. Langsung aja berikut ini tips-tips yang saya kumpulkan dari perjalanan setelah dari gunung bromo.

Persiapan

1. Periksa dan service motor anda, mulai dari ganti oli, kampas rem, kampas kopling, dan kelistrikan lampu. Lebih disarankan menggunakan motor sport (sepeda laki) daripada matic yang terlalu riskan karena medannya yang sangat curam dan menanjak membuat v-belt matic anda cepat putus.

2. perkirakan dari tempat berangkat (asal) anda hingga sampai di tujuan tidak lebih dari jam 14.00 sampai di penanjakan. Sekedar info, jika melewati Pandaan Pasuruan bisa menempuh waktu hingga 3 jam. Jadi perkirakan rute perjalanan anda, apakah dari pandaan Pasuruan, Probolinggo, atau dari Malang. Saya sendiri memilih melewati arah Nongko Jajar, karena jalur aman dan jalan mulus. Kita sempat di stop Polisi ketika mau melewati arah Pasuruan karena konon rute sana banyak begal atau perampasan sepeda motor dengan kekerasan.

3. Sebelum menuju ke arah penanjakan (naik bukit), jangan lupa untuk membeli bensin full di Pom bensin. karena jika anda sudah naik, tidak ada Pom bensin, yang ada hanya penjual bensin eceran dengan kisaran Rp.10.000 – Rp. 15.000/liter. Anda yang bisa memperkirakan sendiri untuk perjalanan dan sepeda motor anda sendiri

4. Bawalah jaket tebal / jaket gunung untuk mendukung perjalanan anda. Bisa menggunakan jaket kulit, namun lebih disarankan menggunakan jaket gunung. Selain itu kaos kaki, sarung tangan, masker, dan kacamata hitam adalah perlengkapan wajib. Jangan lupa membawa mantel / jas hujan.

5. Bawalah senter atau penerangan untuk berjaga jaga di tengah perjalanan atau pada saat jalan kaki menuju penanjakan.

6. Membawa obat obatan atau minyak gosok yang hangat untuk berjaga jaga ketika anda kedinginan.

7. Membawa pakaian dan makanan secukupnya. sama seperti bahan bakar motor, ketika mencapai mendekati penanjakan, segalanya menjadi mahal. Sekedar informasi, ketika anda sampai di dekat pos penanjakan, air mineral ukuran 600 ml seharga Rp.5000 (Normal Rp.2000-3000). Sedangkan ketika sudah di puncak, mencapai Rp.8000/ botol 600 ml.

Penanjakan

1. Persiapkan diri anda untuk beristirahat lebih awal, karena anda harus bangun pagi – pagi dan berangkat maksimal pukul 03.00 dini hari agar bisa melihat sunrise di puncak gunung bromo. Jika ingin lebih santai, bisa berangkat lebih awal jam 01.00-02.00 dini hari

2. Sebelum berangkat, minumlah kopi agar tidak kantuk di perjalanan karena sangat riskan sekali, anda akan melewati jalan jalan yang curam tanpa penerangan jalan umum.

3. Minumlah jamu atau suplemen masuk angin, agar kondisi anda tetap fit sehingga anda bisa menikmati indahnya sunrise di pagi hari.

4. Disarankan membawa tripod atau tongkat narsis agar anda tetap bisa menjangkau moment saat matahari muncul. karena anda nanti akan berdesak desakan dengan ratusan orang di puncak.

5. Sekedar informasi, harga tiket untuk hari biasa Rp. 27.500 / orang, sedangkan tiker hari libur Rp. 32.500 / orang. Setiap sepeda motor dikenakan Rp.5000.

6. Sangat disarankan dan penting untuk diperhatikan, anda setidaknya mengajak teman anda yang sudah pernah ke bromo sebelumnya, atau bisa menyewa tour guide agar tidak tersesat atau tidak salah arah ketika akan menuju puncak, atau mungkin ke lautan pasir. Karena pada waktu sore hari, kabut tebal menyelimuti padang pasir, anda bisa tersesat jauh. Disarankan sebelum pukul 15.00 anda harus sudah naik ke dataran dari lautan pasir.

7. Perjalanan pulang, sebaiknya tidak mengambil ke arah Tumpang Malang (menuju pos Tengger Bromo Semeru) karena jalan yang sangat terjal, berlumpur, dan membahayakan. Banyak motor yang terjebak dan mogok ditengah perjalanan. Sekali lagi ini adalah saran peringatan, anda bisa menyewa tour guide untuk membantu anda keluar dari area bromo menuju arah pulang yang terdekat.

Itulah beberapa tips yang saya dapatkan setelah dari Bromo menggunakan motor pada tanggal 26-27 Desember 2014.

Jangan lupa Follow :
– Twitter : @pyok89
– Instagram : Pyok
– Whatsapp : 08973123656

INFORMASI & GUIDE TOUR :

Bapak Subur : 082331405562

  1. September 21, 2015 pukul 10:25 am

    Bro mau nanya, ente berangkat dari jakarta atau dari mana ya?? Kalau dari jakarta habis bensin berapa total PP?? Dan lama perjalanan berapa jam dari Jkt ke bromo? Makasih banyak sebelumnya.

    • pyok
      Oktober 27, 2015 pukul 6:31 pm

      sorry bos, itu ane berangkat dari Bojonegoro Jawa Timur. Kalau dari Jakarta mending naik kereta api Jakarta – Malang, search aja tarifnya mengikuti kelasnya. Dari Malang nanti bilang aja mau ke bromo nanti dianter di travel penyewaan jeep untuk ke bromo. Biaya bervariasi antara 600-900 tergantung travelnya. Kalo ane naik motor trus nginep di daerah Losari

  2. arievwahyoe
    Desember 5, 2015 pukul 5:36 am

    artinya jam 14.00 itu harus sampai lawang cemoro atau gimana mas?
    terus istirahat disana itu, dipenginapan ya? camping? brp biayanya mas?
    trmksh.

    • Desember 5, 2015 pukul 6:13 am

      sebenarnya fleksibel mas, tergantung dari mana berangkatnya dan naik kendaraan apa. saran bisa cari penginapan saat masuk desa losari

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: