Beranda > tips tips > 5 Tips Mengatasi kantuk saat berkendara

5 Tips Mengatasi kantuk saat berkendara

Mengendarai adalah salah satu hal yang dilakukan hampir setiap orang saat ini. Banyak sekali yang menjadi hambatan dan rintangan. salah satunya adalah rasa kantuk.
seperti yang kita ketahui kantuk menjadi salah satu yang sering kita rasakan ketika bosan berkendara, panas, dan rasa lelah. Kantuk sendiri ada beberapa faktor, untuk prosesnya sendiri menurut sepengetahuan saya terjadi karena batang otak kita kekurangan oksigen. Sehingha kita menjadi kelelahan dan terjadilah proses hibernasi sistem alat tubuh kita.
Oke langsung saja, berikut ini beberapa tips pribadi dari saya untuk mengatasi (menghindari) kantuk saat berkendara :

1. ISTIRAHAT YANG CUKUP
memang agak sepele, ketika kita besoknya akan perjalanan / berkendara jauh. Setidaknya kita malamnya harus tidur dan beristirahat 7-8 jam. Ini sangat ampuh karena ketika kita bangun badan jadi lebih segar. Saya praktekan dan saya bandingkan ketika kurang tidur dan cukup tidur. Cukup signifikan. Biasanya saya selalu menguap selama berkendara tapi setelah beristirahat cukup semua rasa kantuk itu agak berkurang.

2. MEMIJAT BAHU DAN PUNDAK
trik ini saya dapatkan ketika saya sedang sholat subuh di masjid, ketika menunggu adzan, rasa kantuk membuat saya hampir tertidur. Tapi tiba tiba seseorang teman saya memijat pundak dan bahu saya sekitar 5-7 detik. Amazing!! seketika itu juga mata saya kembali jernih. Ini jadi solusi ketika sudah terpaksa di perjalanan.

3. MAKAN PERMEN DAN CEMILAN
Terdengar sangat sepele, namun ini dapat menjadi boost mendesak ketika kita sangat sangat merasa kantuk. Tips bisa menggunakan permen dengan rasa pedas dan asam.

4. MINUM AIR DAN ISOTONIK
Hampir sama dengan permen fungsinya, namun lebih sederhana dan membuat kita bisa lebih sadar bahwa kita masih berkendara. Kekurangan cairan tubuh juga dapat menyebabkan kita menjadi lelah dan kurang konsentrasi.

5. MENCUCI MUKA DAN MENUTUP HELM.
Ini adalah cara klasik yang sudah diajarkan oleh orang tua kita, ketika kita belajar dan mengantuk. Kita selalu diingatkan untuk cuci muka. Terlihat sangat sepele, tapi langkah ini cukup untuk membasahi mata dan membuat kita lebih sadar ketika berkendara.

Demikian sekedar tips untuk menghindari kantuk saat berkendara. Tetap konsentrasi, dan menggunakan perlengkapan yang aman saat berkendara. Jangan mengantuk saat mengemudi, jangan mengemudi saat mengantuk!!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

