Beranda > opini dan kritik > inilah 5 faktor kamu adalah istri idaman – #PersiapanCalonIstri

inilah 5 faktor kamu adalah istri idaman – #PersiapanCalonIstri

Banyak yang bertanya tanya, bagaimanakah menjadi Istri Idaman? Tak hanya wanita, para pria pun sebenarnya banyak bingung mendefinisikan bagaimana calon pendamping hidupnya kelak. Ini adalah tulisan murni saya yang saya kembangkan sendiri berdasarkan wejangan , nasehat, hasil diskusi dengan teman, dan referensi yang pernah saya baca. #PersiapanCalonIstri adalah salah satu hastag tak sengaja yang saya temuka ketika nge-tweet. Lalu dari artikel itu saya menjadi sedikit paham bagaimana arahannya. Memang salah satu faktor yang sering disebutkan adalah dari AGAMA nya. Ini memang penting bahkan sangat penting. Tapi apakah satu faktor ini cukup ? Berikut ini adalah beberapa coretan buah pikiran saya :

1. Bangun Pagi

Bangun pagi, memang terlihat sepele. Bangun pagi menjadi Faktor nomor satu karena itu merupakan awalan bagaimana memulai kehidupan. Tak peduli apapun kegiatannya, ketika para wanita sudah berkomitmen untuk berusaha bangun pagi sebelum ayam berkokok atau orang lain sudah sibuk beraktifitas, maka inilah yang menjadi salah satu faktor Calon Istri Idaman. Seorang istri sudah seyogyanya bangun lebih awal, kemudian beraktifitas rumah tangga seperti membereskan tempat tidur, menyapu, atau bahkan membuatkan wedang untuk suaminya ketika sudah bangun. Inilah salah satu sisi romantis dari seorang istri yang jarang diperhatikan oleh anak muda jaman sekarang. Coba bayangkan anak muda jaman sekarang, bangun tidur yang diraba pertama kali adalah Handphone, gadget, atau smartphone. “ehh ada mention gak ya, ada bbm gak ya, ada yang inbox dan like gak ya”. Jadi, bagaimanapun keadaan kamu nantinya, setidaknya berusahalah membiasakan diri untuk bangun pagi.

2. Sopan

Dalam Adat Jawa, atau dimanapun juga pasti mengedepankan salah satu faktor ini. Sopan santun adalah salah satu patokan awal sikap dan sifat seseorang bisa dilihat. Ketika seseorang bisa bersopan santun, setidaknya dilihat dari cara berbicara, cara berbicara dengan orang tua, cara makan, cara duduk, cara berjalan, berpamitan, dan mencium tangan kepada orang yang lebih tua. Itu adalah sebagian kecil contoh yang bisa dievaluasi pada diri sendiri. Apakah kita sudah sopan?? Untuk salah satu faktor ini biasanya lebih diutamakan untuk orangtua kita. Beberapa Orangtua biasanya paling cerewet untuk urusan ini. Mereka menganggap dengan mempunyai menantu yang tahu sopan santun akan menjadikan wajah baru untuk keluarga atau tetangga lain. Think again ladies🙂

3. Rajin dan Disiplin

Untuk urusan yang satu ini, memang tidak bisa di nomor duakan. Rajin dan Disiplin kalau dalam istilahnya adalah “sregep”. Masih sambungan dari nomor satu tadi, Rajin dan Disiplin dalam berumah tangga akan menjadikan rumah tangga yang teratur. Ketika suami lupa, selalu mengingatkan. Ketika rumah berantakan selalu risih untuk hanya diam, tapi selalu kreatif dan tidak mau berdiam diri. Menyiapkan segala sesuatunya dengan teratur, maka inilah salah satu perhatian tersembunyi dari para wanita yang bisa membuat kesengsem pria. Jadi jangan males malesan ya ladies!!

4. Cerdas

Cerdas dalam hal ini bukan berarti pernah Juara Lomba Sains Nasional atau rangking sekelas selama 3 tahun berturut turut, bahkan bukan juga lulusan cumlaude dengan nilai IPK 4.00. Cerdas dalam hal ini adalah tentang bagaimana mendewasakan diri, menempatkan diri, dan bertindak menjadi Ibu yang baik untuk anak-anaknya dan tentunya jadi Istri yang baik untuk suaminya. Ibu adalah guru pertama untuk anak-anaknya, menjadi unlimitted partner untuk suaminya. Jadi, apa yang harus dilakukan? Cerdas yang saya maksud disini adalah mengerti kapan harus berbuat sesuatu, memutuskan situasi yang harus dilakukan, tanpa harus menunggu dan selalu bergantung dengan suami. Memang, Suami adalah Imam bagi Istri, tapi bayangkan apabila harus dan selalu setuju dengan keputusan suami, sama saja dengan hidup satu orang. Terkadang, istri ikut memberikan ide, saran, dan masukan untuk suaminya agar bisa selaras dengan tujuan awal mereka.

5. Keibuan

Namanya saja perempuan, pasti keibuan. Eiits, belum tentu. Banyak wanita yang tidak sadar apakah mereka keibuan atau tidak. Lantas bagaimana mengetahui keibuan atau tidak? Efeknya apa kalau keibuan? Entah percaya atau tidak beberapa tipe pria suka dengan salah seorang wanita karena insting keibuannya. Salah satu contoh kecil untuk mengetahuinya adalah ketika melihat bayi, bagaimana perasaan anda? apakah punya rasa untuk menggendongnya, menimang nimangnya, bahkan bercanda bersamanya? Satu contoh lagi adalah ketika melihat bayi/anak hewan peliharaan seperti kucing, ayam, ataupun anjing. Ketika mempunyai rasa sayang terhadap sesama tanpa mempedulikan bagaimana keadaannya itulah insting keibuan. Rasa sayang yang sangat sangat besar terhadap sesuatu yang kecil dan sepele yang jarang diperhatikan oleh orang lain. 

Itulah beberapa tulisan dari buah pikiran saya pribadi, sebenarnya masih banyak sekali faktor faktor untuk menjadi Istri Idaman, salah satunya adalah dari tulisan #PersiapanCalonIstri yang bisa anda klik disini. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda semua. Ingat, tidak semuanya tulisan disini benar adanya, ini adalah opini saya pribadi. Anda pun bisa ikut memberikan masukan atau ide terbuka untuk menjadi diskusi bersama.

 

Jangan lupa follow :

 

– Twitter : @pyok89

– Instagram : pyok

– Whatsapp : 08973123656

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: