Beranda > Android, tips tips > Mengatasi masalah insufficient storage available pada android anda

Mengatasi masalah insufficient storage available pada android anda

Beberapa hari yang lalu, saya selalu risi dengan notifikasi “Insufficient storage available” ketika sedang update atau menginstall aplikasi di hp android saya. Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan memindah aplikasi dari internal storage ke sdcard agar lebih lega, beberapa aplikasi notabene besar saya pindahkan ke sdcard. Namun tidak ada perubahan.

Tidak berhasil, saya mencoba membuka Root Explorer, lalu saya buka folder di /data/Dalvik Cache  saya hapus semua lalu saya reboot, tidak ada hasil yang berarti ketika saya install lagi, kembali ada notifikasi tersebut.

Sampai akhirnya saya sudah cukup jengah dengan notifikasi tersebut, akhirnya saya mencoba browsing di internet dan ada salah satu blog yang memberikan pencerahan untuk menginstall App Cache Cleaner – 1 Tap Clean. 

Saya coba download dan install (alhamdulillah gak muncul notifikasi tadi sebelum saya mengeksekusinya :p ) GRATIS DI PLAY STORE. Silahkan klik disini.

Caranya cukup mudah, tinggal klik aja nanti aplikasinya sudah bekerja sendiri untuk menghapus cache yang menyebabkan android kita selalu muncul notifikasi “Insufficient Storage Available”.

Hmm lantas kenapa kita selalu dapat notifikasi seperti itu?? Selidik punya selidik ternyata yang menyebabkan adalah CACHE yang menumpuk di sdcard atau ruang penyimpanan kita. Dan kita tidak tahu persis file mana yang harus dihapus. Oleh sebab itu aplikasi diatas bisa menjawab semua masalah kita. WORK on my device IMO-S88 with SEMI-HTC V2 Custom Rom | Transcend 8 Gb Class 10.

Oke itu dia beberapa tips yang dapat saya bagi untuk para pembaca nantikan tips dari saya selanjutnya.

Jangan lupa follow akun saya :

Twitter : @pyok89

Instagram : pyok

Whatsapp : 08973123656

 

 

Credit and Thank’s to Source

  1. Juli 27, 2014 pukul 8:18 am

    Pakar Android sekarang

    • pyok
      Juli 29, 2014 pukul 5:49 pm

      ahh enggak bang, cuma share apa yang saya bisa. Mbahnya android kan linux dan itu ente bang *emote nunduk sama master*😀

      • Juli 29, 2014 pukul 5:51 pm

        Aku malah belum pernah ngoprek Android sampe sekarang😀

    • pyok
      Juli 30, 2014 pukul 7:14 am

      lho emang sekarang pake android apa bang? ayolah bang, kalo ente mau pasti udah menggegerkan dunia android sejagad indonesia raya. Yakin!! *matabelo*😀

  2. Ayunda
    November 27, 2014 pukul 12:38 pm

    Thanks gan, sekarang android gw udah ga masalah lagi kalo mau update atau install🙂 it works

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

