Beranda > Uncategorized > Sejarah Bojonegoro dan potensinya

Sejarah Bojonegoro dan potensinya

Hari minggu, 29 Desember 2013 saya diundang oleh rekan rekan RTIK Bojonegoro dimana saya sendiri mewakili Komunitas android-androidtan Bojonegoro untuk menghadiri di Kebun wisata Blimbing Desa Ngringinrejo Kalitidu, yang mana Bapak Bupati sedang berkunjung disana bersama Wakil Menteri ESDM untuk meninjau lokasi sumur minyak bumi tradisional di Kec.Kedewan. Beliau bersama rombongan lainnya dari Jakarta. Hari itu pula, terdapat acara dongeng yang akan dibawakan oleh Garin Nugroho sutradara yang terkenal dan senior. Acara dongeng tersebut berlangsung di wisata Khayangan Api di Kec. Ngasem Bojonegoro.

Di sela sela acara di Ngringinrejo, terdapat sedikit cerita tentang sejarah Bojonegoro yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Berikut ini sedikit cerita yang saya rangkum dari penjelasan Bapak Bupati dalam sambutannya :
“Jaman dahulu, Belanda sudah menyadari betul potensi Bojonegoro, banyak sekali hasil SDA yang telah diambil dan dimanfaatkan oleh Belanda. Untuk pembangunan infrastruktur, Belanda biasanya mengambil pekerja dari arah kota ke timur. Namun, zaman dahulu gizi dan kemakmuran masyarakat disana belum memadai sehingga fisik dan kecerdasannya pun lemah. Alhasil banyak yang meninggal ditengah pekerjaannya.
Pihak Belanda akhirnya mulai memikirkan nasib rakyat Bojonegoro, mereka berdebat lalu membuat aliran dan infrastruktur disepanjang sungai bengawan solo. Belanda melakukan research (penelitian) di daerah Temayang untuk membangun bendungan untuk menampung air, maka terbentuklah ide untuk membuat waduk pacal, Waduk pacal akhirnya selesai dibangun tahun 1933 sehingga manfaatnya akhirnya bisa dirasakan oleh orang orang dari arah kota ke timur. Pertanian yang lancar, infrastruktur juga ikut mengimbangi. Itulah kenapa orang orang dari arah kota ke timur mempunyai kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada arah kota ke barat. Kemudian bisa terungkap juga tingkat pendidikan orang-orang dari arah kota ke timur lebih tinggi daripada orang-orang dari arah kota ke barat. Sampai saat inipun, hasil test CPNS mayoritas yang banyak diterima 70% adalah orang-orang dari kota ke timur.

Mengenai Sumber Daya Manusia, Bapak Wakil Menteri ESDM tadi juga sangat terkesan dengan orang-orang Bojonegoro. Bojonegoro mempunyai potensi yang sangat besar, sangat berpeluang memberikan kekayaan untuk warganya. Namun beliau berpesan kepada masyarakat Bojonegoro untuk lebih pintar dalam mengelola dan memanajemen Sumber Daya Manusianya agar dalam jangka panjang warga Bojonegoro tidak hanya jadi penonton di rumah sendiri. Beliau juga berpesan untuk lebih inofativ mengembangkan ilmu pengetahuan dan peluang SDM untuk mengelola Sumber Daya Alam yang ada.
Demikianlah, beberapa coretan kecil dari acara singkat di Desa Ngringinrejo Kec. Kalitidu Bojonegoro.

Jangan lupa follow :
– Twitter : @pyok89
– WA : 08973123656
– Instagram : @pyok

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: