Beranda > Android, tips tips > Tips dan trik Google Maps Offline saat perjalanan jauh / Touring – More Safe Battery

Tips dan trik Google Maps Offline saat perjalanan jauh / Touring – More Safe Battery

Google Maps, kita semua tahu bahwa aplikasi tersebut sangat penting kita butuhkan ketika kita sedang perjalanan jauh di luar kota yang belum pernah kita singgahi atau bahkan belum pernah kita lewati sebelumnya. Nah anda tau kan, kalau memakai Google Maps membutuhkan packet data internet baik itu jaringan GPRS, EDGE, maupun 3G/HSDPA. Nah masalahnya kalau pada saat kita menggunakan Google Maps, semuanya bekerja, baik itu GPS ataupun jaringan internet sehingga menyebabkan baterai kita menjadi cepat habis sebelum sampai ke tempat tujuan. Anda tahu sebabnya kan kenapa baterai kita cepat habis, itu karena GPS selalu bekerja saat kita membuka maps, karena kita selalu berhubungan dengan satelit yang diatas untuk mendapatkan posisi kita berada dimana. Nah selain itu saat kita me-load peta nya kita juga harus menggunakan paket data internet secara terus menerus ketika dibuka dan dibutuhkan. Oleh sebab itu baterai kita bisa terkuras habis saat membuka peta, Nah bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tips dan trik menggunakan Google Maps untuk mendapatkan petunjuk dan arah jalan sekaligus menentukan letak posisi kita saat perjalanan namun dapat menghemat konsumsi baterai anda. Check this out :  

1.  Hidupkan Koneksi internet anda (wajib pada saat pertama kali, boleh menggunakan wifi ataupun paket data internet)

2. Buka Aplikasi Google Maps anda.

Screenshot_2013-02-23-15-39-28

3. Lalu Buka “Direction” (arah tanda belok ke kanan) seperti gambar diatas, lalu ketikkan kota tujuan anda.  Sebagai contoh saya coba ketikkan dari lokasi saya Semarang ke Wonosobo Jawa Tengah. Lalu pilih jenis direksi yang ingin anda ketahui, mobil pribadi ; angkutan umum; ataukah pejalan kaki.

Screenshot_2013-02-23-15-40-08

4. Setelah memilih kota dan tempat serta jenis direksi tujuan, sekarang kita akan melihat secara kasat mata (secara kasar) untuk jenis tracking yang harus kita lewati ketika perjalanan. Biasanya tanda biru untuk jalan yang disarankan oleh Google Maps (yang harus kita lewati agar tepat sampai tujuan)

Screenshot_2013-02-23-15-40-37

  5. Setelah petunjuk arahnya terbuka, saatnya yang terpenting😀 yaitu buka secara detail maps yang sudah ditunjukkan. Artinya kita harus me-load peta di sekitar arah petunjuk yang sudah ditentukan oleh Google Maps sebelumnya. Agar kita nanti bisa melihat dengan jelas detail jalan yang harus dilalui saat masuk di gang gang sempit, ini yang menjadi tips dan trik agar baterai kita tidak cepat habis karena hanya untuk me-load peta pada saat perjalanan sedangkan kita masih membutuhkannya hingga sampai ke tempat tujuan.

Screenshot_2013-02-23-15-42-09Screenshot_2013-02-23-15-42-33

Screenshot_2013-02-23-15-43-16

6.  Nah setelah kita memastikan  sudah me-load semua peta yang akan kta lewati nantinya, matikan wifi / packet data internet anda, kita cukup memantau dan memanfaatkan satelit GPS untuk menentukan koordinat atau letak posisi kita saat perjalanan. Sehingga kita masih tetap mendapatkan petunjuk arah dan posisi kita agar tidak tersesat. Ingat, akurasi letak tergantung dari posisi kita dan koneksi internet kita pada saat pertama kali load atau bisa juga kesalahan Google Maps memberikan petunjuk (kadang jalan satu arah dijadikan direksi atau petunjuk untuk menuju jalan tersingkat).

7. Nah tips dan trik yang terakhir adalah, pastikan Maps yang sudah anda buka harus tetap terbuka, matikan auto kill pada setting anda, jadi ketika anda memencet tombol “HOME” untuk minimize, anda tidak akan kehilangan direksi yang sudah anda buat tadi. Ketika letak GPS anda hilang, cukup tekan tombol gps yang ada di tengah kanan atas, tunggu sebentar maka GPS akan menunjukkan lokasi kita ketika sudah berjalan.

8. Tips dan trik lain, apabila kita takut hasil direction tadi hilang bisa langsung mengunci ponsel anda sehingga saat membuka hape anda akan langsung tersaji peta anda tanpa takut kehilangan, dan dipastikan anda akan mempunyai cadangan baterai yang lebih banyak daripada anda harus menggunakannya untuk packet data internet pada saat berjalan.

Demikian tips dan trik sedikit dari saya, ini merupakan pengalaman pribadi saya. Catatan : saya menggunakan Samsung Galxy Mini SG5570 kemudian menggunakan Custom ROM Touchwiz 5 Jelly Bean.  HASIL BERBEDA UNTUK HAPE DAN CUSTOM ROM YANG LAIN.

Semoga Bermanfaat!!!

Anda juga bisa melihat berbagai tips dan trik seputar android di blog saya yang lain >> http://ilmudroid.blogspot.com

 

 

Jangan lupa Follow Account saya ya: 

– Twitter : @pyok89

– Instagram : @pyok

– Catfiz : 5020F7E9DD

 

 

Kategori:Android, tips tips Tag:, , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: