Beranda > tips tips > Solusi dan cara mengatasi printer error E5 canon mp195

Solusi dan cara mengatasi printer error E5 canon mp195

Hehehe.. ini pengalaman saya pribadi. Saya punya printer canon mp195 sudah lebih 2 tahun dan kondisi sudah inject tinta. Kondisinya masih bagus, buat ngeprint juga masih oke. Tapi suatu saat, saya mengalami masalah ketika printer ini lama tidak saya pakai karena kesibukan saya.  Begitu saya dapat tugas dari kantor, dan ingin pake print rumah ketika saya mau print muncul error code E5 di monitor printernya. Sedangkan di layar monitor komputer disebutkan bahwa tinta catridge terlepas dan tidak terdeteksi oleh printer. Saya sudah mencoba untuk membuka printer dan membuka catridge (siapa tahu memang kurang pas posisinya), tetap tidak bisa.
Kedua saya coba googling, mencari solusi untuk printer saya yang eror, muncul solusi baru buat mereset printer menggunakan tools. Sudah saya reset sesuai dengan petunjuk dan berhasil tapi tidak berpengaruh dengan error yang saya alami. Sempat frustasi dan ingin segera mengirim printer itu ke tempat service, saya lalu melanjutkan ke halaman google yang kedua dan saya menemukan tips dari tulisan bahwa memang untuk beberapa kondisi printer canon memiliki batas tertentu untuk menampilkan tinta pada status tinta. Nah kita harus mereset status tinta tersebut sehingga statusnya tinta kembali full dan terdeteksi. Ternyata caranya tidak serumit yang saya lakukan sebelumnya (go to zero mode and use reset tools) . Berikut tips sederhana nya :

– tekan tombol on biarkan status monitor printer berubah erorr E5 (lampu alarm menyala)
– lalu coba cetak / print satu halaman, nanti akan muncul pesan error bahwa tinta tidak terdeteksi, tetap tenang.
– ketika muncul pesan error tekan dan tahan tombol stop/reset selama kurang lebih 5-6 detik maka status printer monitor akan berubah berputar.
– jika masih terjadi error, ulangi langkah diatas sekali lagi (karena kemungkinan langkah pertama untuk tinta hitam dan kedua untuk tinta warna)
– Done, printer pasti langsung proses n mencetak halaman anda. (Ditandai dengan status printer di monitor yang terdeteksi dan penuh)

Gak seperti yang kita bayangkan kan? Mudah, dan bisa dipraktekan sendiri tanpa harus masuk ke service. Semoga bermanfaat.🙂

Jangan lupa  follow saya :

– twitter : @pyok89
– instagram : @pyok
– catfiz : 5020F7E9DD

Kategori:tips tips Tag:, , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: