Beranda > Android, tips tips > 5 Tips Menghemat Baterai Android | Secara signifikan

5 Tips Menghemat Baterai Android | Secara signifikan

Yahh.. Kita tahu bahwa hape sudah menjadi komoditas utama kita dalam melakukan kegiatan, baik itu berupa bisnis, transaksi, bersilaturahim, atau bahkan ingin menjadikan hiburan. Banyak yang menganggap HP adalah “Istri Pertama” kita, bagaimana tidak setiap hari dia selalu menemani kita dimanapun, kapanpun, atau bahkan saat kita terlelap pun HP harus berada di samping kita, belum lagi kalau sudah bangun, pasti ritual pertama yang dilakukan adalah mencari cari dimana letak HP. Setelah itu mengecek inbox pesan, notifikasi Facebook, Mention Twitter, atau mungkin email masuk. Nah kini munculah HP dengan generasi baru yaitu smartphone dimana HP tersebut ditanamkan processor dan memory layaknya di PC ataupun laptop. Tentu saja konsumsi baterai ini menjadi berbeda dibandingkan dengan HP yang terdahulu. Baterai ibarat nafas  HP, dimana bila baterai itu kosong tak ada artinya, kita tidak bisa lagi berselancar internet, mengirim pesan, menelpon, bermain game, dsb. Pernah kan mengalami seperti ini? tentu membuat anda kesal.

 Namun dibalik penggunaan HP itu sendiri, tidak banyak yang tahu bagaimana cara membuat baterai menjadi lebih awet, kita sepertinya tak peduli dengan kesehatan dan keawetan baterai, kita hanya peduli saat baterai habis tinggal charge, kita butuh tinggal pakai. Nah berikut ini sedikit tips dari ilmudroid.blogspot.com untuk anda :

 




DISPLAY


Dari segi display tentu saja tidak banyak yang tahu, padahal sebenarnya point ini yang membuat kita sering terlena kehabisan baterai. Ada beberapa sub point lagi dari segi display, mari kita bahas lebih detail.


1. Live Wallpaper : Fine, percaya atau tidak live wallpaper atau gambar bergerak di homescreen android kita membuat konsumsi baterai cepat habis. Yah karena live wallpaper otomatis akan memancing display untuk terus menyuguhkan animasi animasi bergerak dan tentu saja ini memacu layar untuk lebih keras mengkonsumsi baterai. Tips : Matikan live wallpaper anda, ganti dengan wallpaper biasa dan kalau bisa menggunakan warna dominan hitam, karena akan membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat.


2. Screen On delay time : Nah ini dia, kebanyakan orang mungkin agak kesal dengan screen on delay time yang terlalu cepat, jadi intinya ketika android kita posisi standby layar akan otomatis terkunci dengan sendirinya, padahal itu bertujuan untuk lebih menghemat penggunaan baterai saat screen off dan layar tidak dipakai. Tips : Gunakan Screen on delay time yang sewajarnya (saya menggunakan 1 menit) dan tidak terlalu cepat atau terlalu lama sehingga anda dapat menghemat baterai.

 

3. Widget : Anda tentu tau kan dengan yang namanya widget? yah widget merupakan salah satu bentuk custom shortcut yang berupa aplikasi atau pemanis tampilan di layar homescreen anda, tahukah anda bahwa semakin banyak anda memasang widget, layar akan terus memacu baterai karena widget pada homescreen (biasanya) selalu menampilkan animasi atau yang lain. Tips : Gunakan widget seperlunya, contohnya jam ataupun music untuk mempercepat mengakses aplikasi menjadi lebih efektif.

 

4. Notification power widget : ada yang belum paham ya notification power widget, itu lho tombol saat kita nyalain wifi atau bluetooth pada saat membuka notification bar, nah apa ya pengaruhnya? yap, ketika kita tidak menyalakan wifi atau bluetooth (meskipun tidak digunakan) ternyata memberikan efek yang cukup signifikan untuk mengkonsumsi baterai kita. Tips : Matikan Wifi, Bluetooth, atau GPS ketika tidak sedang digunakan. 


NETWORK


Hmm, ini juga mungkin banyak yang tidak sadar, kita tahu bahwa Smartphone android sangat bergantung dengan yang namanya network atau internet. Android kita menjadi tidak berarti apabila tidak ada network, hehehe (akui saja bung!). Awalnya saya juga belum paham betul kenapa tiba tiba baterai saya jadi cepat habis, ternyata eh ternyata network ini menjadi faktor utama dalam menghabiskan baterai😀. Kok bisa?? Yah, network internet atau paket data yang sering kita pakai secara tidak langsung memaksa android kita untuk mengirimkan sinyal dan menerima sinyal secara bersamaan, apalagi ketika menggunakan jaringan HSDPA dan 3G, ini membuat konsumsi baterai kita sangat boros. Tips : Ada banyak saran, yang pertama gunakan internet sesuai kebutuhan, jadi ketika sudah tidak terpakai (contoh ketika sedang naik motor) alangkah baiknya kita matikan untuk sementara, baru setelah kita sampai ditempat dan bengong kita bisa nyalakan lagi. Kedua, gunakan jaringan 2G atau EDGE. Jaringan ini agak lebih menghemat karena tingkatannya masih dibawah HSDPA dan 3G. Ketiga, gunakan Wifi Hotspot, karena meskipun cara kerjanya sama dengan menggunakan paket data, namun jaringan Wifi memberikan efek hemat baterai yang cukup signifikan, silahkan buktikan sendiri :D 


CHARGE


Hohohoho,, ini yang aku maksud diatas, kita sering tidak peduli dengan point yang satu ini.ketika baterai belum benar benar habis, kita sering panik dan langsung mengisi agar full lagi. Ini adalah cara yang salah, karena dapat membuat kalibrasi baterai anda semakin kacau, kita tahu baterai terdapat masa isi dan penggunaan, ketika kita mengecas saat baterai masih 50% maka otomatis baterai akan terbiasa membaca bahwa pada saat 50% posisi sudah habis (meskipun tidak terdapat notifkasi). Tips : Selalu charge android anda ketika sudah benar benar habis dan terdapat notifikasi dari HP (biasanya 15%).

Satu lagi kesalahan kita, yaitu pada saat mengecharge selalu dalam kondisi menyala, belum lagi ditambah dengan penggunaan HP itu sendiri entah itu telepon, sms, internet, game, main musik, dsb. Tips : Selalu matikan android anda ketika anda sedang mengecharge. Namun, jangan biarkan terlalu lama mengecharge, ketika sudah terdapat notifikasi penuh 100% segera cabut dari charger anda, mengecharge yang efektif adalah 4-5 jam.


BACKGROUND APPS


Ada lagi nih yang bikin android kita menjadi boros, kali ini bener bener murni banyak yang gak tahu (bukan sok tahu lho :D), kita tahu bahwa android terkenal dengan multitasking nya. Yah kita bisa mengakses berbagai aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup salah satu. Keuntungannya adalah kita bisa membuka sms sambil maen game dan music (contohnya). Nah dari segi buruknya, kita tak banyak yang tahu cara mematikan dan kill semua apps yang masih berjalan dibelakang layar. Kebanyakan aplikasi gratis seperti game dan tools atau media social selalu menyertakan iklan yang tersemat pop up dibawah atau diatas saat kita sedang mengakses aplikasi tersebut. Aplikasi ini seringkali dan dapat muncul dan berjalan dibelakang layar tanpa kita mengaksesnya. Apa efeknya?? pertanyaan bagus, yang jelas ini tidak langsung tapi runtut, ketika android kita menjalankan banyak aplikasi, tentu saja membuat processor kita menjadi semakin keras untuk bekerja, naiknya kerja processor ini yang membuat baterai kita menjadi semakin boros.

Tips : Usahakan kita jangan menginstall aplikasi gratisan yang belum punya reputasi atau belum dapat vote dan positive response dari para penggunanya karena bisa jadi aplikasi itu menjadi boomerang buat kita karena dapat berjalan dengan sendirinya, belum lagi pop up iklan yang membuat kita dengan terpaksa selalu koneksi dengan internet. Solusinya kita bisa menggunakan aplikasi “AdFree” yaitu aplikasi untuk block aplikasi yang menayangkan iklan (rooted device only)


CUSTOM ROM


Disini saya bukan membahas tentang efek negatif dari Custom ROM, tapi lebih dari efek penggunaan setting yang salah ketika menggunakan Custom ROM. Kita tahu banyak sekali cusrom yang berkembang saat ini telah menyediakan berbagai fitur fitur ekstra seperti Overclocking. Overclocking bisa diartikan sebagai pemaksaan processor menjadi lebih cepat daripada biasanya. Jadi ketika di OC, kinerja processor menjadi lebih cepat dan tentu saja membuat aplikasi berjalan menjadi cepat dan kencang, namun mempunyai efek buruk hape menjadi cepat panas dan tentu saja dapat menguras baterai. Tips : gunakanlah setting Overclock yang wajar dan sebisa mungkin sesuai standar custom rom, jika anda ingin mendapatkan performa yang lebih cepat bisa menggunakan aplikasi RAM Manager Pro yang dapat memanajemen penggunaan RAM memory anda.



Demikian lah sedikit beberapa tips dari saya, kedepan saya akan terus menggali informasi lagi tentang baterai tentu saja baterai android. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi pembaca.




Follow my acoount :


Twitter : @pyok89   or    @android2tan

Instagram : @pyok

Catfiz : 5020F7E9DD

  1. Maret 27, 2013 pukul 7:33 am

    Mantabb

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: