Beranda > Kuliner > Nasi Pecel Gambringan – Kuliner khas perjalanan kereta api Semarang – Cepu

Nasi Pecel Gambringan – Kuliner khas perjalanan kereta api Semarang – Cepu

Hehehehe..  Ketemu lagi deh, hmm kali ini saya akan menulis tentang kuliner. Tentu saja kuliner yang sudah saya coba. Sedikit cerita dari saya, bahwa sejak bulan april 2012 kemarin, saya setiap hari sabtu minggu selalu berlalu lalang pergi ke Semarang. Well selama perjalanan kesana, ada sesuatu yang membuat saya tertarik untuk mencobanya. Perjalanan kereta api jurusan Cepu – Semarang begitu membosankan, suara mesin kereta api yang selalu menderu deru membisingkan telinga dan mengganggu mata kita untuk segera tertidur pulas, berharap segera sampai dan turun dari kereta. Satu yang membuat saya selalu tersenyum adalah karena semangat orang orang penjual Nasi Pecel atau yang orang orang sebut “Nasi Pecel Gambringan”, dasar orang – orang selalu ingin mudah mengucapkan kata kata, akhirnya lahirlah kata kata “Gambrengan” untuk menyebut Nasi Pecel khas Stasiun Gambrengan. Penjual Nasi gambrengan ini rata rata sudah berumur tua, menjajakan kepada penumpang kereta api, mengejar waktu karena ketika kereta singgah hanya untuk menurunkan penumpang dan kembali berangkat. Dari rasa penasaran itu, saya ingin mencobanya. Kata Ibu ibu yang juga duduk didepanku Gambrengan ini khas karena rasa bumbunya yang pedas (super pedas) dan tekstur bumbunya yang masih kasar (butiran kacangnya masih terasa di lidah). Dari cerita itu membuat saya lapar dan ingin mencobanya. Oke langsung aja check this out :

Penampakan Kereta Blora Jaya, yang menjadi kencana saya PP Semarang – Cepu setiap minggu

 Kereta Api selalu berhenti di stasiun tertentu ketika bersilangan dengan kereta lain, kesempatan inilah yang digunakan pedagang untuk berjualan Nasi Pecel Gambringan

Ini dia tampilan dan bentuk “Nasi Pecel Gambringan” hehehe cukup sederhana, Nasi hangat dipadu dengan kulupan (sayuran hijau) dan disiram dengan bumbu pecel yang teksturnya masih kasar dan rasanya yang pedas menantang.

Selain bumbu pecel yang pedas, Nasi Pecel Gambringan ini dilengkapi dengan Peyek (terbuat dari tepung terigu dan kacang yang digoreng renyah) sehingga menambah kenikmatan saat memakan Nasi Pecel Gambringan ini. Masalah harga jangan khawatir karena harganya cukup murah dan terjangkau, per porsi cuma Rp.3000 saja sehingga bisa dinikmati oleh rakyat maupun pejabat😀

Penasaran kan pengen nyobain, rasanya dijamin bikin ketagihan karena cukup enak dirasakan di lidah. Tentu saja hanya bisa dinikmati oleh para penumpang kereta api jurusan Semarang – Cepu khususnya daerah Gambringan. Selain disana ada juga yang menjual Nasi Pecel serupa yaitu pada Stasiun Gubug dan Stasiun Ngrombo. Kalo masih bingung tempatnya dimana silahkan klik google maps disini Oke itu saja yang dapat saya sampaikan pada kuliner kali ini, semoga bermanfaat.😀

Follow my account :
Twitter @pyok89

  1. mboet
    November 7, 2012 pukul 6:52 pm

    anak cepu tow bos?

    • pyok
      November 10, 2012 pukul 4:46 am

      saya anak Bojonegoro bos, tapi tiap minggu ke cepu buat naik kereta hhe.. ente bos?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: