Beranda > tips tips > Tips memperkuat keamanan pada facebook agar tidak mudah dibobol.

Tips memperkuat keamanan pada facebook agar tidak mudah dibobol.

Keamanan sering menjadi masalah pada beberapa orang ketika privasi nya sudah diobrak abrik. Pengalaman ini sering sekali kita lihat jika teman kita di facebook, yang sudah lama sekali tidak update status, bisa jadi akun nya di bobol orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah keamanan atau security menjadi sangat penting untuk melindungi akun kita dari orang orang jahil. Seperti yang baru terjadi pada teman saya di facebook, sebut saja namanya eztynd, sudah dua kali ini dalam 1 tahun terakhir facebooknya kerap dibobol orang yang sering menyebut dirinya dengan bangga dengan sebutan “hacker”, padahal membobol akun facebook itu sangatlah mudah dan hanya butuh ketelatenan dan keberuntungan saja (anak kecil juga bisa). Oke mari kita praktekan bersama sama :

1. Pertama Klik tombol Account pada pojok kanan atas lalu pilih Account Settings

2. Setelah terbuka, pilih tab nomer dua dari atas berlogo tameng berwarna kuning bertuliskan Security

3. Lalu pada Secure Browsing, klik edit trus berikan centang.

4. Pada Login Notification, berikan centang pada kolom Email dan Text message, ini berguna saat ada orang yang akan mengakses akun anda pada tempat yang tidak anda kenal, anda akan diberikan notifikasi atau pemberitahuan lewat email dan sms.

5. Nah ini dia salah satu fitur facebook yang menurut saya canggih, pada tab Login Approval ini, setiap kita menggunakan komputer baru untuk login facebook, kita akan disuruh mengisi code yang akan dikirimkan di nomer hape kita sendiri. Jadi yang tahu code ini hanya yang mempunyai nomer hape tersebut. Jadi apabila ada orang yang mencoba login dengan facebook kita (seumpanya passwordnya benar), dia akan dipusingkan dengan code yang harus diisikan sebelum masuk ke beranda kita, sedangkan code itu hanya dikirkan ke nomer hape kita saja. AMAN kan? jangan lupa dicentang ya?

Gambar Security code sebelum masuk ke beranda

6. Pada tab Recognized Device ini, kita akan mengetahui komputer mana saja yang telah log in pada akun kita, jadi kita bisa memonitor tempat tempat mana yang patut dicurigai. Jangan lupa untuk sering sering men remove tempat tempat yang tidak perlu dan terlalu banyak. Setidaknya kita memberikan nama pada komputer maximal 5 saja, contohnya handphone, laptop, komputer rumah, komputer kantor, dsb.

7. Sedangkan pada tab Active Session ini, kita akan melihat dimana saja akun ini yang masih aktif digunakan pada saat itu. Hapus semua yang masih active, kemudian baru anda login lagi. Ini berarti cuma komputer yang anda pakai saat itu yang akitf mengakses akun facebook anda.

8. Setelah mengotak atik ke semua pada security setting, langkah selanjutnya klik profile anda. Ini yang sering dilupakan oleh pengguna facebook dan dijadikan peluang atau celah untuk para hacker yang ingin membobol akun facebook incaran dia. Apa itu? privacy setting. Setelah masuk di profil klik tab info profil anda, lalu dibawah sendiri pada tulisan Contact Information, klik edit. disitu terdapat banyak sekali informasi tentang kita termasuk email dan nomor hape. Email yang ditunjukkan bebas di profil kita dapat dijadikan modal untuk membobol akun facebook. Oleh sebab itu pada Email dan Phone ubah semua privacynya menjadi only me, agar tidak ada yang bisa melihat selain anda sendiri.

Pada contact information, ubah semua privacy menjadi only me

Ya itulah sebagian trik yang mungkin sudah banyak yang tahu, namun ada juga sebagian yang belum tahu. Pada dasarnya agar kita tidak gampang dibobol, salah satu rahasianya adalah DISIPLIN. Disiplin log out dimanapun berada, disiplin ganti password secara berkala, dan disiplin agar tidak memberikan informasi yang tidak perlu di profil dan contact information kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya.

UPDATE

Tips : Bagi yang hobi bermain game dan menggunakan aplikasi di facebook, mulai saat ini anda harus jeli dan teliti untuk menyaring mana aplikasi atau game yang benar benar aman. Karena pada saat kita masuk, otomatis akan memperbolehkan aplikasi tersebut masuk dan menggunakan data kita. Jadi itu yang saat ini digunakan oleh virus atau hacker yang iseng untuk membobol facebook anda melalui aplikasi dan game yang palsu dan tidak resmi. Jadi bagi anda yang sering dikirimi teman berupa undangan pada sebuah aplikasi atau game, UNTUK AMAN NYA anda tolak saja dan block aplikasi tersebut. Maka kemungkinan facebook anda dibobol akan semakin kecil.

  1. Oktober 12, 2011 pukul 2:34 pm

    Trims.infonya Bank

    • pyok
      Oktober 12, 2011 pukul 10:41 pm

      oke bro sama sama🙂

  2. Desember 7, 2011 pukul 9:47 am

    ini penting bgt bagi yang ga mau kebobolan oleh tangan usil

    • pyok
      Desember 19, 2011 pukul 11:13 am

      Betul banget mas bro…

  3. Desember 7, 2011 pukul 9:48 am

    heheheh,..kudu dicoba neh, jgn telat kawan

    • pyok
      Desember 19, 2011 pukul 11:13 am

      iya gan, sekarang marak banget hack facebook..

  4. Desember 7, 2011 pukul 9:49 am

    semoga saja tdk hoax spt berita yg lainnya tips kaya’ gini

  1. Agustus 30, 2015 pukul 11:25 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: