Beranda > Jalan - Jalan > Kebun Raya Purwodadi Pasuruan – Cocok untuk Rekreasi Keluarga

Kebun Raya Purwodadi Pasuruan – Cocok untuk Rekreasi Keluarga

Bagus ya!! itu lah ungkapan saya pertama kali ketika memasuki kebun raya Purwodadi di Pasuruan jawa timur. Sebenarnya tidak ada rencana untuk berkunjung di tempat yang satu ini, namun setelah saya dan teman – teman berunding, maka kita semua memutuskan untuk berhenti sejenak di tempat indah ini. Saya dan teman – teman  sebelumnya di kota Malang dan ingin bertolak pulang ke kontrakan yang ada di Madura. Namun pada saat itu masih pagi sekitar jam 10.00 WIB sehingga sayang untuk tidak menghabiskan hari untuk bersenang – senang (mumpung bisa jalan – jalan).  Untuk sejarah tempat ini sendiri saya kurang begitu tahu, untuk lebih jelasnya maka saya mengutip dari wikipedia:

“Kebun raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan ‘s Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan yaitu dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya diharapkan Cabang Balai Kebun Raya Purwodadi akan menjadi pusat konservasi dan penelitihan tumbuhan iklim kering di daerah tropis.”

Nah udah tau sejarahnya kan? daripada penasaran, langsung aja kita liat keindahan alamnya dari foto – fotonya :

Pintu masuk Kebun Raya Purwodadi – Pasuruan Jawa timur

Kita akan disuguhi dengan pemandangan seperti ini ketika baru masuk🙂

Rumput hijau yang luas menghiasi di sepanjang jalan.

Pohon besar dan rindang masih terjaga dan dilestarikan.

Saluran dan gemercik air menambah suasana “adem”

Kalo pengunjung lelah, banyak disediakan kursi di sekitar jalan.

Kalo kurang puas, ada juga bungalow / gazebo untuk keluarga.

Anda juga bisa memancing, karena disana disediakan juga kolam pemancingan.

Bagi yang capek ngelilingin kebun raya, disediakan juga kereta mini.

Bagi yang mengajak putra putrinya yang masih balita, disediakan kolam renang yang bersih.

Tempat ini juga menyediakan Mushola bagi yang ingin sholat.

Terus bagi pengunjung yang sudah seharian berkeliling di kebun raya, tapi laper? disitu juga pusat kuliner yang siap memanjakan anda.

Gimana? Udah tau semua foto – fotonya, jadi pengen berkunjung kesini kan? Jangan kawatir, dengan tempat wisata yang luas tersebut, anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Cukup menyediakan Rp.4500,- saja untuk pejalan kaki, sedangkan untuk mobil keliling cukup dikenakan Rp.6500,- Murah kan? Daripada stress mikirin pekerjaan, tugas, masalah, dll mending sejenak refreshing di tempat alam seperti ini. Sudah cepetan rencanakan kedatangan anda, tempatnya di jalan raya Pasuruan – Malang, tepatnya di kecamatan Purwodadi. Kalau dari kota Malang kearah barat sekitar 45 menit sudah sampai di tempat tujuan.

*SELAMAT BERLIBUR* :)    

  1. situs web
    Mei 25, 2011 pukul 2:57 pm

    maknyusss….. mana nih oleh2 nya?😀

    • pyok
      Mei 25, 2011 pukul 7:36 pm

      Oleh – oleh bisa dibeli di toko pusat oleh – oleh di pasuruan🙂

      keterangan lebih lanjut hubungi dokter😀

    • Mei 8, 2013 pukul 4:28 pm

      oleh olehnya pasti pegal linu di kaki

      • pyok
        Juni 14, 2013 pukul 2:21 pm

        pijat saja😀

      • Juni 14, 2013 pukul 2:42 pm

        Kenapa buat pijattt

  2. d4roel
    Mei 26, 2011 pukul 9:26 am

    Comment, lebih asyik tentunya jika bersama sang kekasih😀

    • pyok
      Mei 26, 2011 pukul 9:59 pm

      memang gak seasyik bersama kekasih, tapi gak seseru bersama sahabat kayak kemarin🙂

  3. Mei 31, 2011 pukul 2:28 pm

    kapan kesana bersama keluarga ?

    • pyok
      Juni 5, 2011 pukul 12:16 pm

      wah kapan ya?hehehe kalau dah pnya istri aja mas, hahaha

      • Juni 7, 2011 pukul 8:06 pm

        Lah ini kan keluarga tow, keluarga besar Kontrakan Belah Nangka, minus Apin, ketua, dan madam, plus penyusup

  4. Juni 7, 2011 pukul 6:15 pm

    Cocok untuk melatih kekuatan betis juga, jalan-jalan di kebun seluas ratusan hektar…

    • pyok
      Juni 7, 2011 pukul 6:50 pm

      iya bang, cocok juga buat diet seperti karjo dan gomang😀

      kalo udah pada kerja semua, kita ganti rafting yuk bang.

  5. pyok
    Juni 8, 2011 pukul 11:52 am

    rotyyu :

    Lah ini kan keluarga tow, keluarga besar Kontrakan Belah Nangka, minus Apin, ketua, dan madam, plus penyusup

    iya bang, secara gak langsung kita telah menjadi sebuah keluarga besar kontrakan belah nangka.

  6. Juni 9, 2011 pukul 7:41 am

    yo pokoke gak pas nak rungsepan ae akeh “bajol” berkliaran wkwkwkwkkw😀

  7. momo
    Desember 31, 2011 pukul 9:36 pm

    thx infonya, sangat membantu buat pertimbangan destinasi

  8. Riima Salbrin Mantama
    Februari 1, 2012 pukul 8:48 pm

    klo masuk ke kebunx itu
    boleh bawa sepeda motor apa gak ia ?
    klo boleh tarifx brapa ?

  9. alfu
    April 3, 2012 pukul 5:57 pm

    kalo boleh tau tarif masuk nya brapa?

    • pyok
      April 9, 2012 pukul 9:56 am

      Rp. 5000 rupiah per orang pada waktu itu bulan Juli 2011.

  10. Drs. Panggih Sumedi, M.PSi.
    Agustus 8, 2012 pukul 2:18 pm

    tempat ini menjadi kenangan-ku waktu masih mahasiswa……

  1. Juni 7, 2011 pukul 8:53 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: