Beranda > tips tips, Umum > Tips dan Trik menghadapi UNAS (Ujian Nasional)

Tips dan Trik menghadapi UNAS (Ujian Nasional)

Deg..deg..deg..(baca: deg degan)  itu mungkin yang dirasakan oleh kebanyakan orang saat akan menghadapi UNAS (Ujian Nasional). Bagaimana tidak, UNAS merupakan salah satu penentu kita lulus dalam belajar selama kurang lebih 3 tahun lamanya. UNAS sering dijadikan momok paling mengerikan oleh siswa yang menempuh kelas 3. Tak jarang, guru – guru maupun wali murid sibuk mempersiapkan anak didiknya agar lancar menghadapi UNAS. Mulai dari mengadakan bimbingan intensif beberapa bulan, les, dan tak jarang pula wali murid yang memberikan les tambahan diluar jam sekolah untuk meningkatkan skill dalam menghadapi UNAS. Tidak usah khawatir, berikut ini adalah beberapa tips yang saya ketahui agar lancar saat menghadapi UNAS :

*SEBELUM UNAS >>

1. Membeli peralatan menulis serta cadangannya, ini yang mungkin jarang diperhatikan oleh para peserta UNAS. Kebanyakan dari kita membeli dan mempersiapkan alat tulis hanya untuk keperluan kita sendiri, padahal apabila kita mempunyai alat tulis cadangan kita tidak akan bingung untuk mempersiapkan alat tulis lagi pada saat ujian berlangsung sehingga dapat menghemat waktu kita untuk berpikir dan mengerjakan soal. Tips dari saya, sediakan 3 pensil 2B, 1 penghapus untuk ujian, rautan pensil yang kecil, penggaris untuk mengisi lembar jawaban UNAS, dan bolpoin untuk tanda tangan.

2. Menjaga kesehatan, ini sangat penting karena mempengaruhi kita dalam bertarung nantinya. Kesehatan yang buruk seperti flu atau yang lain dapat mempengaruhi kita dalam mengerjakan soal UNAS, kita gak mau kan pas ngerjakan hidung kita meler, hahahaha… Tips dari saya, rajinlah minum vitamin daya tahan tubuh 3 hari sebelum UNAS.

3. Menjaga diri sendiri, artinya kita harus mencegah hal buruk yang terjadi dengan kita nantinya. Sebagai contoh adalah kecelakaan, kita pasti tidak mau kan hal ini terjadi. Sudah banyak yang terjadi seperti itu, sehari atau mungkin seminggu sebelum UNAS terjadi kecelakaan, sehingga tidak bisa mengikuti UNAS. Tips dari saya adalah, dengan menahan diri untuk tidak keluar rumah sebelum UNAS, hindari begadang dan keluar malam untuk menghindari hal buruk yang akan terjadi dengan kita.

4. Malam sebelum UNAS, usahakan belajar namun jangan terlalu larut malam, jam tidur yang baik adalah pada pukul 21.00. Pasang alarm pukul 05.00, jangan lupa sholat dan berdoa. Kemudian buka buku lagi, belajar ringan hanya sekedar untuk review dan mempertajam ingatan kita tentang pelajaran.

5. Sebelum mandi, persiapkan segala sesuatunya, memastikan masukknya kartu ujian, alat tulis, dan keperluan lain yang penting untuk UNAS. Siapkan baju seragam yang sudah disetrika tentunya, kemudian sepatu dan kaos kaki, dan dasi kalau perlu. Sehingga pada saat kamu selesai mandi kamu sudah siap memakai semuanya dan tinggal berangkat.

6. Sarapan, ini memang sepele, namun sarapan pagi sebelum ujian terbukti ampuh meningkatkan konsentrasi dalam mengerjakan soal ujian (Perut gak kerucuk2,hehehe).

7. Sebelum keluar rumah, berdoa dan yang paling penting adalah dengan meminta doa restu kepada kedua orang tua. Karena jika kita sudah pamit dan meminta doa restu terbukti dapat menambah mental spiritual kita untuk pede dalam mengerjakan soal ujian. Cium tangan dan sejenak terpejam bilang “Pak buk aku minta restu agar lancar mengerjakan ujian nasional, mohon doanya ya pak, Assalamualaikum”.

*PADA SAAT UNAS >>

1. Pada saat kita sudah memasuki gerbang sekolah (inilah puncak deg degan) hehehe, langkah awal yang harus kita lakukan adalah dengan terus berdoa serta berdzikir,hehehehe.. Ini sangat ampuh untuk mengusir rasa ketidak pede an kita dalam mengerjakan soal ujian, sehingga kita siap untuk mengerjakan ujian.

2. Selalu berpikir positif, anggaplah ini hanyalah ujian semester biasa yang sudah sering kamu lewati bersama teman teman. Berpikirlah motto seperti ini : “Aku bisa melewati hari ini, SUKSES!!”

3. Setelah masuk ke dalam ruang ujian, duduklah dengan tenang dan nyaman, keluarkan alat tulis dan kartu ujian. Saat pengawas melihat kita, usahakan senyum ceria yang kamu berikan, karena dapat menggoyahkan ketatnya pengawasan ujian (memecah suasana)

4. Saat mengerjakan, letakkan dulu lembar jawabanmu. Ambil soal terlebih dahulu, lalu jawablah sesuai kemampuan kamu, jika tidak bisa dari awal, coba kerjakan mulai dari belakang. Setelah kamu pikir jawaban itu benar, jangan langsung kamu isi ke dalam lembar jawaban, namun tandai dulu kedalam lembar soal yang sudah kamu jawab tadi.

5. Pada waktu setengah yang ditentukan, mulailah untuk mengisi jawaban ke dalam lembar jawaban, ini dilakukan agar kamu tidak terburu – buru saat waktu mau habis, namun ingat isilah jawaban ke dalam lembar jawaban HANYA pada soal yang sudah kamu yakini benar 100%. Apabila kamu masih ragu dengan jawaban itu, jangan isi dahulu.

6. Apabila pekerjaan kamu sudah selesai, kamu bisa mengecek kembali dari awal tentang kecocokan antara soal dan jawaban kamu dari awal hingga akhir soal.

*TIPS DARURAT >>

1. Apabila ada jawaban yang tidak kamu ketahui dan memang kamu tidak bisa menjawabnya kamu bisa bertanya dengan teman, namun ingat ini tergantung dari keadaan, artinya apakah suasana ruangan sepi, atau penjaga atau pengawas kamu ketat atau tidak. Tips apabila bertanya mungkin bisa dengan isyarat batuh, berdehem, atau mengetukkan pensil ke meja (tentu saja kamu sudah memberitahukan dahulu isyarat itu kepada teman).

2. Untuk mengajak berbicara dengan teman saat ujian, bisa dilakukan dengan berpura- pura membaca soal ujian dan tepat dihadapkan ke wajah sehingga tertutupi oleh pandangan pengawas, nah pada saat tertutupi itu kamu bisa berbicara (bahasa bibir) dengan teman kamu.

3. Berpura – pura menjatuhkan peralatan (trik klasik), untuk berbicara atau mendapatkan jawaban dari teman.

Hehehe demikian lah beberapa tips yang dapat saya sampaikan, mngkin ada salah kata atau salah tulis saya mohon maaf. INGAT, kalau kita sendiri bisa kenapa harus menggantungkan orang lain?   apapun hasilnya harus kita terima keadaanya, karena kita sudah berusaha semampu kita.

*JATUH ITU PASTI, BANGKIT ITU PILIHAN* ^_^

Selamat mengerjakan dan semoga sukses (LULUS) amiinnn….

Kategori:tips tips, Umum
  1. Januari 27, 2012 pukul 11:53 pm

    hahaha jadi inget2 masa2 UNAS waktu masih sekolah dulu,kecuali tips darurat gw ga pernah nglakuin haha…..salam kenal gan🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: