Beranda > tips tips > Ramuan ajaib penyembuh luka

Ramuan ajaib penyembuh luka

LUKA LUKA LUKA yang kurasakan, bertubi tubi yang kurasakan (cuplikan lagunya d’bagindas, cinta) sekilas seperti lagu aja ya,hehe.. topik kita kali ini adalah LUKA. Yap, luka adalah bekas sayatan atau goresan bahkan tusukan benda benda tajam yang dapat mengakibatkan kulit kita terkelupas dan darah kita menjadi keluar bercucuran sehingga fungsi kulit berkurang fungsinya karena tidak bisa melindungi tubuh kita secara sempurna. Seperti yang kita ketahui, kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita yang dapat melindungi kita dari panas, dingin, maupun debu dan bakteri. Jika kulit kita terganggu, maka kita juga akan merasa terganggu / tidak nyaman dengan keadaan ini.

Seperti yang saya alami beberapa minggu yang lalu, saya mengalami luka pada jari kaki saya sehingga mengganggu dalam beraktifitas, terutama pada saat jalan, berlari, bermain futsal, sholat, dan sebagainya (Lho kok curhat? hehe). Keadaan ini sampai membuat saya stress karena luka saya tidak mengering dalam beberapa hari. Sampai saya bertanya kepada teman saya yang kebetulan adalah seorang perawat. Ternyata tips dan rahasia mengeringkan luka dalam waktu 3 hari adalah sebagai berikut :

1. Pada saat luka masih bernanah, sebisa mungkin bersihkan / keluarkan nanah yang terdapat dalam kulit yang menggumpal. Caranya? Ambil tissue, lalu basahi tissue dengan REVANOL, bersihkan sisa darah atau kulit yang mengelupas. Kemudian tissue yang masih basah tersebut di balutkan kedalam luka, lalu pencet luka tersebut hingga keluar nanahnya. Bersihkan nanah secara teratur agar luka anda tidak membengkak dan menyebar ke kulit / anggota tubuh yang lain. Lakukan pembersihan secara teratur (3 kali sehari)

2. Setelah luka dibersihkan menggunakan REVANOL, oleskan luka tersebut dengan salep / krim pengering luka. Salep / krim yang saya gunakan dan terbukti ampuh adalah HYDROCORTISON. Krim ini bisa anda dapatkan di apotek terdekat dengan harga yang terjangkau. Salep ini terasa dingin jika dioleskan pada luka, hasilnya? hasilnya luka akan cepat mengering dan membuat satu lapisan kulit yang baru dibawah luka sehingga mempercepat penyembuhan anda.

3. Setelah obat luar dilakukan, untuk mempercepat luka anda, anda perlu melakukan penyembuhan dari dalam. Obat yang saya gunakan (diberi resep oleh dokter) adalah AMOXICILLIN dan DEXAMETHASON. Kedua obat ini diminum 2 x sehari selama penyembuhan luka.

HASILNYA setelah saya rajin menerapkan tips diatas, luka saya sembuh dalam waktu 4 hari, padahal sebelum saya menerapkannya luka saya sudah seminggu tidak kunjung sembuh. Ya sebenarnya sembuh enggaknya tergantung orangnya sendiri, kalo bahasa mediknya sih “Personal Hygiene”. Artinya kesembuhan seseorang itu terletak dari kebersihan dan ketelatenan dalam merawat lukanya sendiri.

Hehe demikian tips dari saya, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, saya hanya memberikan tips, jadi untuk menghindari resiko, anda silahkan berkonsultasi ke dokter atau puskesmas terdekat.😀

Kategori:tips tips
  1. d4roel
    Januari 18, 2011 pukul 8:43 pm

    Ehm memang kebersihan itu pangkal kesehatan gan,

    “Bersih kamarku, jernih pikiranku”😀

    • pyok
      Januari 19, 2011 pukul 1:55 pm

      iku kan mottomu dul😛

  2. ana
    April 26, 2012 pukul 12:40 pm

    kalo luka nya di wajah gimana?

  3. Juni 27, 2012 pukul 12:27 pm

    Klo mw lebih cpet sembuh gunakan aja binahong…

    • pyok
      Juni 29, 2012 pukul 1:19 pm

      wahh nice tips bro, hehehehe..

      • arek jogan
        Agustus 2, 2012 pukul 3:50 pm

        iyo bro lek luka di hati tambane yo klenger

      • pyok
        Agustus 3, 2012 pukul 9:48 am

        hehehehe.. mungkin ente punya tips juga untuk menyembuhkan luka hati, monggo😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

