Beranda > Pengetahuan > Yang Belum pernah lihat Karapan Sapi asli Madura, silahkan masuk sini.. (Bull Races from Indonesia)

Yang Belum pernah lihat Karapan Sapi asli Madura, silahkan masuk sini.. (Bull Races from Indonesia)

MADURA … Mendengar pertama kali tentang kata “Madura” pasti orang – orang luar madura pasti takut bahkan terkesan meremehkan madura. Di pikiran mereka pasti hanya Sate madura , Carok, Garam, dan orang – orang dengan bahasa yang sulit dicernah oleh masyarakat diluar madura.  Perlu digarisbawahi lagi, bahwa Madura bukan seperti orang orang yang mereka pikirkan. Madura mempunyai banyak kelebihan salah satunya adalah kebudayaan. Salah satu kebudayaan yang menjadi “icon” atau kebanggaan orang madura adalah Kerapan Sapi. Karapan Sapi adalah ajang lomba adu cepat sapi dengan jarak sekitar 120 meter. Sapi yang digunakan adalah sapi asli madura, yaitu mempunyai ciri – ciri berwarna cokelat tua, berpostur tinggi besar. Sapi ini mempunyai kelebihan pada tenaga yang dihasilkan, selain digunakan untuk membajak sawah, sapi ini juga digunakan untuk perlombaan salah satunya adalah kerapan sapi.

Kembali ke Karapan sapi, Ternyata tidak banyak orang yang pernah melihat langsung perlombaan tersebut, bahkan orang asli madura sekalipun, karena event ini diadakan pada acara tertentu. Teman saya yang asli bangkalan pernah saya tanya apakah pernah melihat langsung perlombaan tersebut, dia menjawab belum pernah. Untuk itu saya akan sedikit menunjukkan sekilas tentang Karapan Sapi. Berikut ini Video yang berhasil saya ambil dengan menggunkan kamera ponsel (N70) :

Sehingga saya ingin anda agar lebih mengetahui kebudayaan kita sendiri, supaya anak cucu kita dapat menikmatinya suatu saat. Semoga posting saya ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang madura khususnya Karapan Sapi. Kritik dan Comment selalu saya tunggu demi kemajuan tulisan saya.

Kategori:Pengetahuan
  1. taufIQ
    September 25, 2010 pukul 2:53 pm

    Walaah, asli madura to?

    • pyok
      September 27, 2010 pukul 12:02 pm

      Terima kasih mas taufiq sudah mengunjungi blog saya. BUkan mas, saya orang Bojonegoro jawa timur, sekitar 3 jam perjalanan dari surabaya. Saya sekarang sedang menyelesaikan studi akhir di Universitas Trunojoyo.

  2. Oktober 7, 2010 pukul 10:56 am

    numpang inti ar..haha biar di intip balik
    http://my22n.blogspot.com/

  3. zhubeh snewent
    Januari 6, 2011 pukul 4:54 pm

    gimana cara donload video nya??

    • pyok
      Januari 10, 2011 pukul 9:28 pm

      sebelumnya makasih udah mau kunjungin blog saya.. caranya klik aja linknya ke tab baru (membuka langsung di site youtube)

      untuk dapat mendownloadnya anda perlu menginstal IDM (Internet Downlaoad Manager) dalam firefox anda.

      karena jika anda sudah menginstal, pada saat menjalankan video karapan sapi, diatas video terdapat tulisan download video. tinggal klik langsung download, Selamat mencoba.🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: