Beranda > Pengetahuan > Ayo Selamatkan dunia dengan Blackle!!

Ayo Selamatkan dunia dengan Blackle!!

Seperti yang kita rasakan sekarang ini, akhir – akhir ini bumi sedang marah dengan menaikkan suhunya, sehingga membuat es di kutub mencair, udara menjadi semakin menyengat, bahkan yang baru baru ini terjadi di jakarta, meteor pun bisa menembus bumi akibat lapisan ozon yang sudah rusak akibat “Pemanasan Global”.  Pemanasan global ini terjadi karena ulah manusia kita sendiri karena tidak dapat menjaga, mengatur, dan memperbaiki kondisi alam yang telah di berikan oleh Tuhan kepada kita.

Kebanyakan dari kita mungkin tak pernah tau, langkah apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi dan mengurangi dampak pemanasan global ini. Bahkan kita tak pernah peduli dan ikut mau tau tentang pemanasan global saat ini. Sebenarnya banyak sekali langkah langkah kecil untuk membantu mengurangi pemanasan global, namun kita tidak menyadari, bahkan kita seakan acuh terhadapnya.

Sebagai contoh saya sendiri, orang yang masih berstatus mahasiswa jurusan ilmu kelautan, saya ikut serta dalam mengurangi pemanasan global dengan cara mensosialisasi orang lain untuk  tidak membuang sampah ke laut. Karena plankton dalam laut, dapat menyerap panasnya matahari dan menghasilkan oksigen yang dapat mengurangi pemanasan global. Untuk orang lain, mungkin bisa ikut berperan dengan membawa tas plastik sendiri saat kita berbelanja, dengan langkah kecil kita tadi, kita dapat mencegah sulitnya penguraianbahan  plastik sehingga dapat mencegah proses pemanasan global.

Untuk orang yang bergelut di bidang teknologi informasi khususnya di bidang komputer pun bisa ikut mencegah terjadinya pemanasan global dengan cara membiasakan untuk mematikan komputer apabila tidak terpakai, dan membuat screensaver hitam, karena penggunaan layar komputer dengan cahaya lebih terang maka akan memerlukan banyak energi listrik. Satu lagi terobosan dari google untuk mendukung pencegahan pemanasan global, yaitu dengan meluncurkan search engine baru bernama blackle. blackle merupakan search engine sama seperti google, namun bedanya adalah menggunakan warna dasar hitam dan tulisannya berwarna putih.

Uploaded with ImageShack.us

Bagaimana Blackle Hemat Energi?

Blackle menghemat energi karena layar secara dominan hitam. “Gambar yang ditampilkan terutama fungsi pengaturan warna pengguna dan grafis desktop, serta warna dan ukuran jendela aplikasi yang terbuka, sebuah monitor yang diberikan membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menampilkan putih (atau cahaya) layar dari hitam (atau gelap) layar “. Roberson et al, 2002. Pada bulan Januari 2007 sebuah posting blog berjudul Black Google Apakah Simpan 750 Megawatt-jam Tahun yang diusulkan teori bahwa versi hitam dari mesin pencari Google akan menyimpan energi sedikit wajar karena popularitas mesin pencari. Sejak skeptisisme itu telah ada tentang pentingnya penghematan energi yang dapat dicapai dan biaya dalam hal mudah dibaca dari halaman web hitam.

Berikut ini saya tampilkan screenshot saat kita mencari dalam blackle.

Bagaimana Blackle hemat energi?

Blackle was created by Heap Media to remind us all of the need to take small steps in our everyday lives to save energy. Blackle dibuat oleh Heap Media untuk mengingatkan kita semua perlu mengambil langkah-langkah kecil dalam hidup kita sehari-hari untuk menghemat energi. Blackle searches are powered by Google Custom Search. Blackle pencarian yang didukung oleh Google Custom Search.

Blackle saves energy because the screen is predominantly black. Blackle menghemat energi karena layar secara dominan hitam. “Image displayed is primarily a function of the user’s color settings and desktop graphics, as well as the color and size of open application windows; a given monitor requires more power to display a white (or light) screen than a black (or dark) screen.” Roberson et al, 2002 “Gambar yang ditampilkan terutama fungsi pengaturan warna pengguna dan grafis desktop, serta warna dan ukuran jendela aplikasi yang terbuka, sebuah monitor yang diberikan membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menampilkan putih (atau cahaya) layar dari hitam (atau gelap) layar “. Roberson et al, 2002

In January 2007 a blog post titled Black Google Would Save 750 Megawatt-hours a Year proposed the theory that a black version of the Google search engine would save a fair bit of energy due to the popularity of the search engine. Pada bulan Januari 2007 sebuah posting blog berjudul Black Google Apakah Simpan 750 Megawatt-jam Tahun yang diusulkan teori bahwa versi hitam dari mesin pencari Google akan menyimpan energi sedikit wajar karena popularitas mesin pencari. Since then there has been skepticism about the significance of the energy savings that can be achieved and the cost in terms of readability of black web pages. Sejak skeptisisme itu telah ada tentang pentingnya penghematan energi yang dapat dicapai dan biaya dalam hal mudah dibaca dari halaman web hitam.

We believe that there is value in the concept because even if the energy savings are small, they all add up. Kami percaya bahwa ada nilai dalam konsep karena meskipun penghematan energi yang kecil, mereka semua bertambah. Secondly we feel that seeing Blackle every time we load our web browser reminds us that we need to keep taking small steps to save energy. Kedua kita merasa bahwa melihat Blackle setiap kali kita buka browser web kami mengingatkan kita bahwa kita harus tetap mengambil langkah-langkah kecil untuk menghemat energi.

How can you help?

Uploaded with ImageShack.us

Selamat mencoba Blackle, dan semoga dunia akan terasa lebih dingin dengan langkah langkah kecil anda untuk merubah kebiasaan anda dalam peran serta dalam mencegah pemanasan global.

Kategori:Pengetahuan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: