Beranda > Umum > NINJA HATORI MAMPIR INDONESIA

NINJA HATORI MAMPIR INDONESIA

Seperti yang udah kita ketahui, ninja identik dengan sosok berpakaian tertutup, membawa pedang, serta senjata mirip bintang, dan hanya terlihat matanya, suka melompat-lompat..

Bahkan sosok ninja ini banyak dipakai tokoh dalam cerita kartun seperti ninja hatori yang udah gag asing ma telinga kita..

Bisa gag ya kita jadi ninja?? nah pertanyaan bagus. Di Jepang udah lama dan bertebaran sekolah sekolah ninja.

Bagaimana di Indonesia?? Kini di Indonesia telah hadir sekolah ninja. berikut sejarah serta biografy master ninja Indonesia.

SEHARI-hari San Moon adalah pakar di bidang teknologi informasi (TI). Karena itu, saat ditemui di Jawa Pos di kompleks perkantoran Menara Batavia, penampilannya tak berbeda dengan orang kantoran di ibu kota umumnya: baju lengan panjang biru dan celana gelap terseterika rapi. “Dengan pakaian seperti ini orang tak akan menyangka ada ninja yang jalan-jalan di sini,” kata San Moon lalu tersenyum.

Di balik sikapnya yang sederhana, pria kelahiran Semarang 39 tahun lalu itu adalah sensei (guru besar) ninja. Dia penyandang Dan IX Jido Kwan yang diakui secara internasional.

Pendiri Ninjutsu Indonesia Club itu mengaku berusaha mengubah citra ninja. Yakni, dari dunia yang dicitrakan serbagelap nan misterius menjadi lebih diterima masyarakat. Sebab, ninja juga manusia. “Murid-murid saya kebanyakan juga praktisi komputer. Mereka mengenal saya melalui komunitas ini,” katanya.

Selain sebagai konsultan di bidang TI, San Moon berprofesi sebagai pengarah gaya merangkap sutradara beberapa klip video, infotainment, dan iklan di layar kaca. Di luar “kerja resmi” itu, dia mendirikan dojo (tempat latihan) yang berpusat di Cibinong, Banten. Aksinya saat menangkap anak panah yang melesat, bermain pedang, atau melempar bintang ninja juga dapat diakses di situs-situs internet seperti YouTube.

“Dulu ninja memang secret society (perkumpulan rahasia), tapi sejak 70-an sebenarnya ninja sudah membuka diri dan diajarkan di seluruh dunia,” kata pria yang menempuh pendidikan ilmu ninja di Australia itu.

Ninja berasal dari kata nin dan ja. Nin oleh orang Jepang diucapkan dalam fonetik suku kata yang khas. Jika diterjemahkan ke bahasa lain agak sulit dicari padanannya yang tepat. Nin, kata San Moon, yang juga dilafalkan sebagai shinobi, juga berarti daya tahan, perlindungan, dan pencegahan secara mental dan fisik.

Arti lain kata nin adalah inti, rahasia, atau samar. Namun, bila dilihat dari karakter huruf kanjinya, nin melambangkan “bilah (pisau, pedang)” atau “hati”. Jadi, dalam arti yang lebih luas, nin berarti “raga, jiwa, dan persepsi baik dan buruk akan selalu dalam keadaan terjaga.”

Ninja ada sejak abad ke-7 Masehi di daerah Iga, Pegunungan Togukure, Jepang. Setelah sempat dilarang di zaman Shogun Tokugawa pada abad ke-17, pada 1950 larangan itu dicabut. Salah satu aliran ninja yang dapat membuka diri dan membawa misi memperkenalkan ninja ke dunia luar adalah ahli waris generasi ke-34, Prof Masaaki Hatsumi, yang sehari-hari seorang tabib penyembuhan dan pengobatan tulang.

Hatsumi yang menguasai berbagai ilmu beladiri terus mengembangkan dan menyempurnakan teknik-teknik ninjutsu. Pada 1976-1978 ninjutsu berhasil dipublikasikan dan diajarkan ke Amerika Serikat oleh Stephen K. Hayes yang telah berguru kepada Hatsumi. Sejak itu ninjutsu berkembang pesat.

San Moon belajar ilmu ninja di Negeri Kanguru saat menempuh pendidikan di Monash University, Melbourne, Australia. Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, itu belajar di Kevin Howthorne Ninjutsu School. Setelah pulang ke Indonesia, sejak 1994 San Moon mulai mengajarkan ilmu ninja di Indonesia.

Awalnya dari kalangan yang sangat terbatas. Sekarang muridnya sudah tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia. Bahkan, di pelosok seperti Palu (Sulawesi Tengah), Pulau Belitung, bahkan Wamena dan Manokwari (Papua). “Kalau di tempat jauh mereka latihan dari bahan-bahan yang saya kirim. Lalu, saya uji tiga bulan sekali di Jakarta,” katanya.

Belajar ilmu ninja di Dojo San Moon butuh komitmen dan ketekunan. Materinya juga sesuai standar baku ilmu ninja secara internasional. Beberapa ilmu yang diajarkan di antaranya: ilmu pemurnian jiwa (seishin teki kyoyo), tai jutsu (tangan kosong), ken jutsu (pedang ninja), bo jutsu (jurus tongkat bilah), shuriken jutsu (senjata lempar), yari jutsu (tombak), naginata jutsu (jurus pedang bertongkat).

Lalu, ada kusari gama (jurus rantai dan bandul), kayaku jutsu (ilmu peledak dan pembakaran), henso jutsu (menyamar dan membaur), shinobi iri (mengintai dan menyusup), bo ryukai (ilmu strategi), cho ho (ilmu mata-mata-spionase), dan inton jutsu (meloloskan diri dan menghilang).

Menurut San Moon, ilmu ninja sebenarnya merupakan ilmu membunuh. “Karena itu, saya seleksi ketat calon murid,” katanya. Beberapa polisi dan tentara yang menjadi siswanya dilatih secara khusus dan dibedakan dengan siswa lain. “Karena mereka butuh skill yang lebih aplikatif,” ujar pria yang pernah mengajarkan beladiri di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta ,itu.

Ninjutsu, kata San Moon, bukan sekadar beladiri biasa. “Ada siasat, strategi petak umpet, dan intelijen yang sangat bermanfaat bagi kehidupan nyata,” katanya. Ilmu unik itu juga menganut jenjang sabuk, yang dimulai dari warna hijau, sampai hitam. “Kalau hanya mengejar sabuk, tiga tahun. Tapi, sebenarnya ilmu ninja itu harus dipelajari seumur hidup,” katanya.

Tak semua murid San Moon diajari teknik-teknik berbahaya. “Saya lihat dulu kepribadiannya. Ini ilmu yang sangat serius dan bisa digunakan untuk kegiatan kejahatan dan terorisme. Jadi, saya selidiki dulu latar belakangnya. Ibaratnya seperti anak sendiri,” katanya.

Namun, bagi yang sekadar suka dengan figur ninja yang keren, cool, dan hebat, San Moon oke-oke saja. “Jadi ada yang serius, ada yang ninja ‘kostum’, pura-pura ninja, atau ninja tiga hari,” katanya lalu tertawa.

Dia menceritakan pernah ada seorang yang memborong perlengkapan ala ninja di tokonya seharga puluhan juta hanya untuk dipajang di kamarnya. “Itu tipe ninja kostum, tapi ya tetap saya layani,” katanya.

San Moon memahami bahwa sebagian besar masyarakat masih terpengaruh oleh citra ninja dalam komik atau film-film. “Tapi, apa ya mungkin karena (suka) ninja terus ke mana-mana pakai baju hitam-hitam, bawa pedang, dan naik kuda,” katanya.

Figur ninja sejati justru terlihat dari sifatnya yang mudah membaur. Itulah mengapa ninja berkostum hitam jika beraksi di malam hari dan putih cerah jika begerak di siang hari.

San Moon juga menolak halus saat diminta berpose dengan memegang pisau lempar milik Jawa Pos. “Saya sedang pakai baju seperti ini. Tidak pantas. Nanti kesannya saya seperti pembunuh bayaran, Mas. Tapi, kalau lagi di dojo sih nggak masalah,” katanya sambil memeragakan cara memegang pisau lempar.

Menurut San Moon, senjata bagi ninja tak melulu berwujud pisau, bintang ninja, sumpit, atau kapak lempar. “Dengan barang keseharian kita bisa membunuh. Dengan bolpoin, KTP, dompet, atau bahkan dengan ini,” ujarnya sambil melepaskan kacamata.

Karena keahliannya yang unik itu San Moon sering mendapat order-order khas ninja. Misalnya, meneliti data perusahaan, mencari dokumen, atau melindungi klien. “Saya tidak mengejar salary (upah), tapi lebih suka aspek tantangannya. Kalau menurut saya menantang, akan saya ambil,” katanya. Beberapa kantor pengacara dan lembaga bantuan hukum pernah menggunakan jasanya.

Menjelang Pemilu 2009, San Moon juga sudah dilirik banyak tokoh dan partai politik. Bahkan, ada satu partai politik yang memintanya melatih satgas partainya dengan ilmu-ilmu khas ninja seperti beladiri, survival di air, atau menyumpit dengan bambu. “Tolong, jangan disebut nama partainya. Itu komitmen saya dengan mereka,” katanya. Partai itu memang terkenal dengan kader-kadernya yang solid dan militan.

Pengalamannya di medan-medan konflik membuat San Moon disegani di dunia pengamanan “bawah tanah”. Dia memang pernah diajak sebuah lembaga negara untuk ikut menyelesaikan masalah-masalah konflik. “Saya pernah ke Aceh, Wamena, Poso, Sampit, dan beberapa daerah lain. Tapi, soal detail apa yang saya lakukan di sana, saya tak bisa cerita,” katanya.

Ilmu ninja, kata San Moon, sangat aplikatif dalam dunia kompetisi bisnis yang semakin keras di abad ini. “Prinsipnya, bagaimana membuat kemenangan sebesar-besarnya, tapi dengan tanpa risiko. Zero risk,” katanya.

Dia mencontohkan, jika bekerja dalam sebuah perusahaan yang pemimpinnya sewenang-wenang, harus bisa mencari tahu titik lemah atau rahasianya. “Dengan begitu, jika kita dicurangi, kita sudah pegang rahasia bos kita dan menyerang balik,” katanya.

Teknik teror dan intimidasi juga diajarkan dalam level tingkat lanjut ninjutsu. “Misalnya, Anda berbuat jahat kepada saya, maka saya bisa melawan balik sampai Anda tanpa sadar ingin bunuh diri. Jadi, saya secara hukum bebas risiko,” jelasnya.

Dalam kontak fisik, seorang ninja juga penuh perhitungan. “Kalau musuh Anda preman pasar yang dengan duit seribu rupiah selesai masalahnya, kenapa harus adu jotos. Tapi, jika terdesak, kita sudah punya kemampuan. Bahkan, dengan jari pun bisa menembus kulit,” katanya sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengah.

Kini San Moon sedang mempersiapkan pertemuan besar seluruh ninja Indonesia di Cibodas, Jawa Barat, pada pertengahan Desember nanti. “Saya juga sedang mengajukan proposal ke Kedubes Jepang untuk muhibah ke sana,” katanya. (el) (dikutip dari http://www.Jawa Pos.com, 30 November 2008)

Kategori:Umum Tag:
  1. muhammad zulfikar
    Februari 2, 2009 pukul 7:15 pm

    ketika membaca sejarah singkt tentang bagaimana san moon memperoleh bela diri ninja, saya sangat tetarik, apa lagi di indonesia, ninjusu belom terlalu ramai dibicarakan orang.
    dan saya juga sangat tertarik dengan berbagai macam ninjutsu!

    klo boleh tau,,apakh bisa saya menjadi seorang ninjutsu? (saya tidak punya sama sekali basic ilmu bela diri).
    jika ingin belajar ninjutsu, dmn alamat lengkapnya?

  2. ARIAN
    Maret 12, 2009 pukul 6:57 pm

    Saya pusing karena saya belum nemuin alamat ninjutsu Indonesia di jakarta….
    (^,^).Menurut saya Ninjutsu sangat bagus untuk di zaman ini,dan untuk masalah tujuannya negatif atau positif,it is depends on.

    • pyok
      Maret 17, 2009 pukul 9:30 pm

      terima kasih atas comment anda,,, selebihnya saya akan berusaha mencarikan alamat ninjutusu di indonesia , khususnya di jakarta..

    • Plo
      September 7, 2010 pukul 3:01 am

      Alamat yang di Jawa Timur dimana? tolong kirim ke email saya. Di FLOW_RHEN@YAHOO.COM
      Sya ingin skali mmplajari ilmu ninja
      Thanks bgt ya…

  3. Bibob Herdyawan Yosuke Takashi
    April 9, 2009 pukul 10:57 am

    saya mau tanya di manakah keberadaan sekolah ninja di jakata ada tidak sekolah ninja di jakarta san moon?????

    tolong di jawab ya pertanyaan saya soalnya saya ingin belajar beladiri ninja karna saya ingin baas dendam!!!!!!

    oh ya apa benar kalo teknik genjutsu nd doujutsu itu memang rumit di plajari tolong ajari saya kalo san moon bsa!!!

    ya san moon saya mohon bantu saya!!!!!!

  4. ninja lovers
    Juni 6, 2009 pukul 4:03 pm

    mau tau donk skolah ninja d mna!!!
    kan zaman ini bela diri ninja”ninjutsu,doujutsu,genjutsu,dan taijutsu”
    marak di bicarakan orng2!!!
    mau tau dong alamat’a^^..pleassee!!!!!domo-arigato^^

  5. November 19, 2009 pukul 8:18 pm

    Cukup menantang . . Ninjutsu di daerah jakarta selatan ada didaerah mana?

  6. Ekha Yuda
    Desember 10, 2009 pukul 10:53 pm

    Kalo mau Daftar di Dojo San Moon apa ada CP’nya… ato sekretariatnya??
    Kalo boleh saya minta alamatnya ya??
    my email : e.y.1108@gmail.com

  7. ranil
    Desember 20, 2009 pukul 3:01 pm

    alamat tempat latihannya dimna?

  8. Rizky Lidwan
    Januari 4, 2010 pukul 3:23 am

    Wah, saya pengen belajar ninjutsu donk master. Siapa tau saya bisa ngelindungin temen-temen saya atau jadi body guard trus di bayar mahal, soalnya saya butuh uang nih hehe…
    Tolong kasih tau alamatnya ya, master! Kalo ada yang di bandung ato di mana aja jga ga apa-apa. Tolong bnget pliiss!

  9. pierre
    Februari 9, 2010 pukul 8:34 pm

    hi,,smua..
    saya dlu prnh bljr bela diri wushu,itu memang sangat bgus..
    tapi,suatu ketika saya menonton kartun,
    lalu sya berpikir apa memang ada yg disebut ”ninja” itu,,
    dan jurus nya itu”ninjutsu”??

    saya sangat ingin bljr ilmu ninja,,
    tapi saya tidak tau dmna letaknya di daerah jakarta!!
    apa ada d indonesia??

    ARIGATO GOSAIMASU ,,,

  10. yuya
    Maret 13, 2010 pukul 1:16 am

    da lma ni nyari alamt ltihan ninja di mdan… tolong dung lok da yg tw.. alamt na di mna… pliss email…
    thaks

  11. eko
    Maret 22, 2010 pukul 9:26 pm

    saya mohon alamat latihan ninja didaerah jakarta taw bekasi terimakasih.

    • pyok
      April 27, 2010 pukul 10:00 am

      saya sedang berusaha mencari informasi ini, karena saya tinggal di jawa timur. Nanti pasti saya beritahu begitu saya mendapatkan informasi ini. Terima kasih

      • goms
        Agustus 26, 2010 pukul 1:28 am

        klo uda tau alamat’a s..
        kasih tau ok

      • pyok
        Agustus 26, 2010 pukul 8:14 am

        @all makasih sudah mampir di blog saya, secepatnya saya akan mengabari anda semua jika sudah menemukan alamat untuk berlatih ninja. terima kasih

  12. andra
    Mei 15, 2010 pukul 11:43 am

    dimana tempat latihan ninja di jakarta ? ada contactnya ?

  13. ricky
    Juni 3, 2010 pukul 2:52 pm

    saya mau tau donk kalo d bandung ada gak sih sekolah ninja?? ane tertarik pengen ikutan..

  14. ryan
    Juli 26, 2010 pukul 12:42 am

    saya tinggal di daerah bekasi,saya pgin bgt ikut latihan ninja buat jaga diri aja,ada ga alamat latihan di bekasi.Thanks…

  15. Agustus 9, 2010 pukul 4:31 pm

    APA DI SURABAYA ADA PERGURUAN NINJA KALO ADA TOLONG KSIH TAHU ALAMATNYA DONG…

  16. Agustus 27, 2010 pukul 7:40 pm

    Adakah foto dari San Moon itu sendiri?
    Trima Kasih

  17. Desember 16, 2010 pukul 2:33 pm

    tlg donk alamat jelasnya, cibinong, banten, jln apa, rt/rwnya, thanx

  18. Februari 11, 2011 pukul 11:32 pm

    ass. saya mau belajar ninja,, tapi saya tidak tau alamat sekolah nya,,
    kalo guru/saudara berkenan mengajari saya,,,saya minta alamat sekolah ninja nya,,,
    karna saya mau melindungi keluarga saya,,,
    terimakasih

  19. Februari 11, 2011 pukul 11:35 pm

    ass. saya ingin belajar ninja
    klo guru/saudara berkenan mengajari saya ilmu ninja saya minta alamat sekolahnya untuk saya belajar limu ninja karna saya mau melindungi keluarga saya.
    TERIMAKASIH..

  20. tojiri
    Maret 13, 2011 pukul 4:49 pm

    salam….
    pak sya minta tolonk mnta e-mail’y pak san moon/atau alamat rumahnya,,,,, kalau tidak alamat dojonya… sya ssh bngt nyari” nya

  21. tojiri
    Maret 13, 2011 pukul 4:50 pm

    tolong kirimkan ke email saya yah pakkk
    terima kasih…

  22. Nur Hayyuni H
    Juni 11, 2011 pukul 7:05 pm

    Sensei san moon sya juga mw belajar tentang ninja, sebab saya tertarik sekali dari cerita dari teman dan tambah tertarik setelah membaca artikel ini

    Ad tidak di makassar dojo ninjutsu???

  23. ilham
    Juli 28, 2011 pukul 9:47 am

    Mas kalau di garut sudah ada blm? Kalau sudah ada di mana,
    Kalau blm cepatan ya buka nya kalau ada sms ke sini aja mas. 085811746161 di tunggu ya

  24. ferdi
    September 13, 2011 pukul 9:39 pm

    Sensei ada ndak tempat beladiri ninja di kalbar kabupaten sintang kalau ada kasi tau ya di no 085252026481

  25. ferdi
    September 13, 2011 pukul 9:41 pm

    Sensei ada ndak tempat beladiri ninja di kalbar kabupaten sintang kalau ada kasi tau ya di no 085252026481 lewat sms ya biar lebih jelas

  26. ferdi
    September 14, 2011 pukul 4:42 pm

    San moon ada ndak tempat latihan ninjutsu di kalbar kabupaten sintang??????
    Kalau ada aku mau ikutan ni…

  27. ahmad
    Oktober 18, 2011 pukul 6:27 pm

    saya ingin belajar ilmu ninja, tapi saya tidak tahu dimana tempat nya. beri tahu tempat nya sensei san moon. kirim ke alamat gmail saya, saya tunggu balasan nya

    • pyok
      Oktober 31, 2011 pukul 8:24 am

      mohon maaf mas ahmad dan semua yang ingin belajar ninja di indonesia. saya hanya mengkutip dari harian jawa pos, jadi saya hanya ingin share kepada para pembaca dalam hal ini saya tidak ada hubungannya dengan ninja. MOHON MAAF SEMUA🙂

  28. nazili
    Februari 5, 2012 pukul 11:00 am

    saya sangat tertarik skali dengan pemaparan tntang ninjutsu,,, saya ingin sekali belajar sebelum banyak orang mengenalnya,,, apakah san moon buka cabang sekolah di jawa timur?????

    tolong jawabannya kirim ke Richomgc@yahoo.com

  29. DeYin Zna
    Agustus 1, 2012 pukul 4:30 am

    master ‘sensei’ apkh ad sekolah ninja di BOGOR ?
    krna Q lbh ska tantangan p lgi pa lgi klo bsa jurus nya
    ( DeYin Zna)

  30. Februari 14, 2013 pukul 7:39 pm

    sensei san mon di cibinong daerah mana soalnya saya mau bekajar ninja buat ngelindungi diri saya karena sya suka di isengin teman sya tolong sensei
    domo arigato gozaimasu

  31. April 19, 2013 pukul 4:03 pm

    tolong dong kasih tahu alamat sekolah ninja yang ada di jawa tengah

    • pyok
      April 22, 2013 pukul 6:46 am

      tolong dibaca comment sebelumnya, saya disini hanya mengutip berita dari jawa pos.

  32. dena
    Mei 15, 2013 pukul 9:31 pm

    apa ada sekolah ninja di jawa barat bandung biar bisa ngelawan sama temen suka di isengin sampai sampai melempar batu tolong dibaca ya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

